Kamis 28 Sep 2023 16:21 WIB

Babak Pertama, Indonesia U-24 Bertahan dari Gempuran Uzbekistan U-24

Indonesia minim peluang di kotak penalti Uzbekistan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia U-24 di Asian Games (ilustrasi)
Foto: dok NOC Indonesia
Timnas Indonesia U-24 di Asian Games (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Timnas Indonesia U-24 menghadapi Uzbekistan U-24 pada babak 16 besar Asian Games 2022 di Stadion Shangcheng Sport Centre, Hangzhou, China, pada Kamis (28/9/2023) pukul 15.30 WIB. Skuad asuhan Indra Sjafri bertahan dari gempuran Uzbekistan di babak pertama. Skor kacamata bertahan hingga turun minum. 

Uzbekistan U-24 bermain menekan sejak menit awal. Peluang pertama dimiliki Khusain Norchaev di menit kedua. Ia menerima umpan di kotak penalti Indonesia. Upayanya bisa diblokir oleh Rizky Ridho.

Baca Juga

Indonesia masih bermain dengan bola-bola panjang dan kerap kehilangan penguasaan dari pola permainan seperti itu. Setiap kali berhasil mencuri bola dari penguasaan pemain Indonesia, Young White Wolves langsung melancarkan serangan. Namun tembok pertahanan Indonesia masih solid. 

Sepak pojok pertama dimiliki Uzbekistan pada menit ketujuh. Jaloliddinov mengeksekusi bola mati, kemelut tercipta di lini pertahanan Indonesia tapi beruntung bagi Garuda Muda tidak ada ancaman yang mengarah ke gawang. 

Tim asuhan Indra Sjafri masih sering kehilangan bola bahkan saat menguasainya di area pertahanan sendiri. Indonesia kesulitan melakukan build up karena Uzbekistan menekan hingga garis pertahanan terakhir Indonesia. 

Garuda Nusantara hanya bisa mengandalkan serangan balik untuk menggedor pertahanan Uzbekistan. Tapi setelah separuh waktu lebih di babak pertama belum ada satu tembakan pun yang berhasil dilepaskan Garuda Muda ke gawang Uzbekistan.

Peluang berbahaya dimiliki Ruslan Jiyanov saat menerima umpan di kotak penalti pada menit ke-25. Beruntung sentuhan pertama dari Jiyanov justry membuat bola lebih dekat kepada Ernando. Dua menit berselang kemelut juga terjadi di depan gawang Indonesia beruntung bola bisa dibuang menjauh.

Rizky Ridho dkk bertahan dari gempuran serangan Uzbekistan hampir di sepanjang laga hingga menit ke-30. Ancaman kembali terjadi saat Ruslan melepaskan umpan tarik ke tengah kotak beruntung Ernando bisa memblokirnya. Ulugbek juga gagal menyambar bola kedua yang dihentikan Bagas.

Peluang pertama dimiliki Indonesia di menit ke-35 dari upaya Egy yang mengumpan kepada Sananta di sisi kanan kotak penalti. Pemain Persis itu kemudian melepaskan umpan kepada Ramai Rumakiek di tengah kotak penalti. Namun bek lawan sigap menyapu bola untuk menghasilkan tendangan sudut bagi Indonesia. 

Di 15 menit terakhir Indonesia mulai bisa bermain keluar dari area pertahanan sendiri. Meskipun belum ada tembakan ke gawang yang membuat kiper Nazarov Vladimir bekerja, setidaknya itu cukup menyulitkan area pertahanan Uzbekistan.

Penyelamatan penting dilakukan Ernando dari percobaan Jaloliddinov dari luar kotak penalti di menit ke-42. Tembakan jarak jauh berhasil dibelokan oleh Ernando dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Uzbekistan. Tidak ada peluang di waktu tersisa, skor bertahan 0-0 hingga turun minum. 

Susunan pemain kedua tim: 

 

Uzbekistan U-24 (3-5-2): Nazarov Vladimir (kiper); Mirsaidov Saidazamat, Khamraliev Mukhammadkodir, Davronov Alibek; Ibragimov Ibrokhim, Khoshimov Ulugbek, Jaloliddinov Jasurbek, Ibrokhimkhalil Yuldoshev, Kholmatov Diyor, Norchaev Khusain, Jiyanov Ruslan

Pelatih: Timur Kapadze

 

Indonesia U-24 (4-3-3): Ernando Ari (kiper); Amiruddin Bagas Kaffa, Andi Setyo Nugroho, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Dony Tri Pamungkas, M. Taufany Muslihuddin, Syahrian Abimanyu; Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri, Ramai Rumakiek 

 

Pelatih: Indra Sjafri 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement