Ahad 01 Oct 2023 07:21 WIB

Klasemen Sementara Perolehan Medali Asian Games, di Mana Posisi Indonesia yang Sulit Emas?

Kontingen Indonesia masih belum memberikan kebanggaan lagi kepada bangsa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelari Indonesia Lalu M Zohri (tengah) lolos ke final Asian Games 2022, Sabtu (30/9/2023). Namun, Zohri luput menyabet prestasi.
Foto:

Dibandingkan sesama negara asal Asia Tenggara, posisi Malaysia dan Thailand memang lebih baik dibanding Indonesia di klasemen sementara raihan medali. Thailand mampu bertengger di posisi paling tinggi diantara negara asal Asia Tenggara. Bahkan, kontingen negara gajah putih itu berada di posisi 10 besar, tepatnya di peringkat keenam dengan koleksi delapan medali emas, empat medali perak, dan 14 medali perunggu.

Dominasi Cina di klasemen sementara raihan medali terus berlanjut. Negara tuan rumah Asian Games 2022 itu telah koleksi 114 medali emas, 68 medali perak, dan 34 medali perunggu. Juara umum Asian Games 2018 itu total telah mengumpulkan 216 medali dari edisi ke-19 Asian Games hingga saat ini.

Persaingan sengit terjadi dalam perebutan posisi kedua, tepatnya antara Jepang dan Korea Selatan. Kendati secara keseluruhan raihan medali tertinggal lima medali dari Korea Selatan, Jepang lebih unggul dalam jumlah raihan medali emas. Alhasil, Jepang berhak menempati peringkat kedua klasemen sementara raihan medali Asian Games 2022.

photo
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok ke arah lawannya asal Korea Selatan Lee Yungyu dalam babak perempat final beregu Asian Games 2022 di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Jumat (29/9/2023). Jojo kalah dari lawannya dengan skor 15-21, 16-21 sehingga kedudukan sementara Indonesia kalah dari Korea Selatan 1-2. - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jepang mengumpulkan 28 medali emas, 38 medali perak, dan 39 medali perunggu, sedangkan Korea Selatan telah mengoleksi 27 medali emas, 29 medali perak, dan 54 medali perunggu. Di peringkat keempat dan kelima ditempati India dan Uzbekistan secara berurutan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement