Senin 02 Oct 2023 18:05 WIB

14 Kesalahan VAR di Liga Inggris yang Memantik Kontroversi, Terbaru Gol Liverpool Dianulir

Gol pemain Liverpool Luis Diaz ke gawang Tottenham yang sah dinyatakan offside.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Laga Tottenham Hotspur vs Liverpool yang diwarnai kontroversi VAR.
Foto:

Fulham 3-0 Aston Villa (Oktober 2022)

Douglas Luiz secara tidak sengaja diusir dari lapangan saat melawan Aston Villa, karena ia dianggap melakukan pelanggaran. Namun, saat menonton kembali rekaman ulang, terlihat jelas bahwa Aleksandar Mitrovic adalah pelaku yang sebenarnya, yang tidak terlihat oleh VAR.

Nottingham Forest 2-2 Brentford (November 2022)

Andre Marriner diinstruksikan untuk pergi ke monitor di pinggir lapangan untuk meninjau Dean Henderson yang keluar untuk menutup Yoane Wissa. Meskipun sang penjaga gawang Forest jelas-jelas lebih dulu menyentuh bola, Marriner tetap memutuskan untuk memberikan penalti.

"Perasaan saya tentang penalti dan VAR adalah, jika yang dia berikan ke gawang kami adalah penalti, maka dia harus memberikan empat penalti dalam pertandingan," kata Steve Cooper kepada wartawan setelah pertandingan.

"Dan hanya karena dia melihat ke layar, bukan berarti dia harus memberikan penalti. Jika dia harus melihat yang satu itu, dia harus melihat tiga lainnya. Dia harus melakukannya."

Aston Villa 3-1 Man Utd (November 2022)

Digne mencetak gol tendangan bebas yang luar biasa untuk Aston Villa, meskipun kemudian terungkap bahwa dia diberi keuntungan yang tidak adil. Sebuah tinjauan pasca pertandingan menemukan bahwa tembok United diatur terlalu jauh ke belakang, memberikan pemain asal Prancis itu keuntungan yang tidak adil.

Brighton 2-1 Liverpool (Februari 2023)

Pemain Liverpool, Fabinho, berhasil lolos dari hukuman pada pertandingan ini setelah ia hanya mendapatkan kartu kuning untuk sebuah tantangan keras terhadap pemain Brighton, Evan Ferguson.

"Saya tidak mengerti bagaimana wasit VAR Neil Swarbrick bisa mengatakan itu bukan kartu merah," kata Glenn Murray kepada ITV. "Itu adalah tantangan yang mengerikan. Anda bisa lihat dari reaksi sang pemain, dia tahu itu adalah kartu merah."

Crystal Palace 1-1 Brighton (Februari 2023)

John Brooks menarik garis offside di tempat yang salah saat bertugas di VAR dan menganulir gol Pervis Estupinan, meskipun bek sayap Brighton itu berada dalam posisi onside.

"Garis yang ditarik di ruang VAR untuk menentukan apakah Pervis berada dalam posisi offside ditarik dengan tidak tepat, dan gol seharusnya tetap terjadi," demikian pernyataan klub Brighton. "Meskipun sangat kecewa dengan kesalahan tersebut, klub telah menerima permintaan maaf dari PGMOL dan tidak akan memberikan komentar lebih lanjut."

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement