Senin 02 Oct 2023 18:05 WIB

14 Kesalahan VAR di Liga Inggris yang Memantik Kontroversi, Terbaru Gol Liverpool Dianulir

Gol pemain Liverpool Luis Diaz ke gawang Tottenham yang sah dinyatakan offside.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Laga Tottenham Hotspur vs Liverpool yang diwarnai kontroversi VAR.
Foto:

Arsenal 1-1 Brentford (Februari 2023)

Pada akhir pekan yang sama ketika VAR mengacaukan keputusan offside dalam pertandingan Crystal Palace, hal yang sama terjadi pada Arsenal. Lee Mason gagal melihat Christian Norgaard dalam posisi offside sebelum gol penyeimbang yang dicetak Ivan Toney.

"Yang benar adalah bahwa VAR tidak sepenuhnya menyelidiki dengan garis-garis," kata mantan wasit Chris Foy kepada Daily Mail. "Garisnya, secara sederhana, tidak turun. Dan itu dianggap sebagai kesalahan manusia. Seandainya garis itu turun, gol itu akan dianulir karena offside."

Everton 0-1 Man City (Februari 2023)

Everton tidak mendapatkan hadiah penalti setelah VAR gagal melihat handball yang dilakukan oleh Rodri dari Man City. Baik Paul Tierney yang bertugas sebagai wasit maupun Chris Kavanagh yang menggunakan VAR gagal melihat pelanggaran tersebut.

Tottenham 2-1 Brighton (April 2023)

Howard Webb, kepala wasit PGMOL, meminta maaf kepada Brighton setelah VAR gagal memberi tim asuhan Roberto De Zerbi hadiah penalti setelah Pierre-Emile Hojbjerg melakukan pelanggaran terhadap Kaoru Mitoma di dalam kotak penalti.

Man Utd 1-0 Wolves (Agustus 2023)

Andre Onana berhasil lolos setelah Jonathan Moss gagal menginstruksikan wasit di lapangan Simon Hooper untuk memeriksa monitor di pinggir lapangan untuk melihat potensi pelanggaran yang dilakukan oleh penjaga gawang United.

"Kami baru saja berbicara dengan Jon Moss dan fair play untuknya karena dia langsung meminta maaf dan mengatakan itu adalah penalti yang terang-terangan dan seharusnya diberikan," kata Gary O'Neil kepada Sky Sports.

Tottenham 2-1 Liverpool (September 2023)

Bisa dibilang ini adalah kesalahan terbesar dari VAR sejauh ini. Gol Luis Diaz dianulir karena offside, meskipun jelas-jelas berada dalam posisi onside. VAR gagal melakukan intervensi karena kesalahan manusia dan Liverpool akhirnya kalah di menit ke-96.

Sebuah pernyataan dari PGMOL berbunyi:"Gol dari Luis Diaz dianulir karena offside oleh tim ofisial pertandingan di lapangan. Ini adalah kesalahan faktual yang jelas dan nyata dan seharusnya gol tersebut diberikan melalui intervensi VAR, namun, VAR gagal melakukan intervensi. PGMOL akan melakukan peninjauan penuh terhadap situasi yang menyebabkan kesalahan tersebut." 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement