Selasa 03 Oct 2023 15:47 WIB

Lini Belakang Barcelona Diklaim Lemah Musim Ini

Barca sudah kebobolan delapan kali musim ini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan asisten timnas Spanyol, Gerard Moreno menjelaskan alasan kurang impresifnya lini pertahanan Barcelona pada kampanye musim 2023/2024. Padahal sebelumnya barisan belakang Los Azulgrana mendapat pujian berkat penampilan bagus.

Pertahanan Barcelona sangat bagus musim lalu dan menjadi alasan utama mengapa tim asuhan Xavi sukses menyabet gelar juara La Liga Spanyol.

Baca Juga

Raksasa Catalan hanya kebobolan 20 gol dalam 38 pertandingan, sementara kiper Marc-Andre ter Stegen mencatatkan 26 clean sheet yang luar biasa di pentas sepak bola domestik.

Ceritanya berbeda musim ini, dengan Barca sudah kebobolan delapan kali, dan mantan asisten timnas Spanyol Roberto Moreno merasa tahu alasannya.

"Itulah risikonya. Ada perubahan taktis dengan Cancelo karena pemain Portugal itu memberi Anda banyak hal saat menyerang, tapi dia mengambilnya dari Anda saat bertahan," kata Moreno kepada Marca, Selasa (3/10/2023).

Lebih lanjut Moreno menjelaskan pergantian taktik Xavi Hernandez dari bermain dengan tiga bek tetap, menempatkan Jules Kounde di sayap, menjadi bermain dengan dua bek tengah dan tidak adanya peran Busquets membuat keseimbangan pertahanan tim sangat berbeda.

"Itu berarti mengambil lebih banyak risiko dan Xavi harus memilih. Sebagai pelatih kami harus memilih dan melihat solusi yang tepat di setiap pertandingan, saat itulah pelatih harus bereaksi untuk mencari solusi dan melawan Celta dia melakukanya," sambung Moreno.

Barca dua kali bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Celta Vigo 3-2 tetapi kemudian kehilangan poin melawan Real Mallorca dalam hasil imbang 2-2. Clean sheet akhirnya terjadi pada pertandingan terakhir melawan Sevilla, dengan Barca menang 1-0 di Montjuic.

Barca saat ini berada di posisi kedua klasemen Liga Spanyol dengan perolehan poin 20 tertinggal satu angka dari Real Madrid di kursi pertama.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement