Rabu 04 Oct 2023 08:46 WIB

Seusai Rekor tak Terkalahkan Dihapus Lens, Arsenal Alami Kerugian Penting

Arsenal terancam kehilangan salah satu winger andalannya, Bukayo Saka, yang cedera.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Arsenal takluk, 1-2, di tangan tim tuan rumah Lens dalam laga kedua penyisihan Grup B Liga Champions, Rabu (4/10/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Arsenal takluk, 1-2, di tangan tim tuan rumah Lens dalam laga kedua penyisihan Grup B Liga Champions, Rabu (4/10/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LENS -- Arsenal akhirnya dipaksa menelan pahitnya kekalahan pada musim ini. Datang ke markas Lens, Stadion Bollert Dellelis, sebagai unggulan, Arsenal malah takluk, 1-2, di tangan tim tuan rumah dalam laga kedua penyisihan Grup B Liga Champions, Rabu (4/10/2023) dini hari WIB.

Status unggulan the Gunners itu pun sudah terlihat pada awal laga. Klub asal London Utara sudah unggul saat laga baru menginjak menit 14. Gabriel Jesus membuka keunggulan Arsenal usai memanfaatkan assist dari Bukayo Saka. The Gunners sepertinya sudah berada di trek yang tepat untuk bisa membawa pulang tiga poin dari laga ini.

Baca Juga

Kendati begitu, Arsenal hanya bisa mempertahankan keunggulan ini selama 11 menit. Tepat pada meni ke-25, Lens menyamakan kedudukan lewat gol Adrien Thomasson. Tim besutan Frank Haise itu justru mampu berbalik unggul, tepatnya pada menit ke-67. Sepakan kaki kanan Elye Wahi dari tepi kotak penalti merobek gawang The Gunners.

Arsenal bukan tanpa upaya untuk bisa mencetak gol balasan dan kembali unggul. Namun, semua upaya itu gagal berbuah maksimal. Setiap gelombang serangan the Gunners mampu dipatahkan lini belakang Lens. Runner-up Ligue 1 Prancis musim lalu itu juga lebih efektif dalam memanfaatkan setiap peluang.

Kekalahan ini menjadi kekalahan perdana Arsenal pada musim ini sekaligus menghentikan rekor tanpa kekalahan the Gunners di 10 laga sebelumnya.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengakui ada sejumlah kesalahan yang dilakukan anak-anak asuhnya di laga ini. Selain soal kehilangan fokus kala kebobolan gol kedua Lens, Arteta juga menyoroti kegagalan para penggawa the Gunners dalam memanfaatkan peluang.

''Kesalahan bisa saja terjadi. Hal itu normal di sepak bola. Kami memiliki tiga hingga empat peluang emas, tapi gagal memanfaatkanya. Ini adalah malam yang besar buat kami, tapi gagal mendapatkan hasil yang kami harapkan. Ada begitu banyak pelajaran yang diambil dari laga ini,'' kata Arteta seperti dilansir Sky Sports, Rabu (4/10/2023).

Akibat kekalahan ini, the Gunners harus rela menyerangkan posisi teratas klasemen sementara Grup B kepada Lens. Tertinggal satu poin dari Lens, Arsenal duduk di posisi kedua dengan koleksi tiga poin. Di laga berikutnya, the Gunners dijadwalkan mengahdapi Sevilla, pertengahan bulan ini.

Kegagalan memetik poin akibat kekalahan ini bukan satu-satunya pukulan yang harus diterima Arsenal di laga itu. The Gunners juga terancam kehilangan salah satu winger andalannya, Bukayo Saka, di laga-laga berikutnya. Saka diketahui mengalami cedera di laga kontra Lens. Bahkan, winger asal Inggris itu hanya tampil selama 34 menit di laga tersebut.

Saka terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh Fabio Vieira. Arteta pun mengungkapkan kekhawatiran terkait potensi cedera yang dialami winger asal Inggris tersebut. Meski masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan tim medis, Arteta menyebut, kondisi Saka terlihat mengkhawatirkan.

''Kami belum tahu lebih lanjut. Namun, dengan tidak bisa membiarkan dia untuk terus tampil, maka kondisinya cukup mengkhawatirkan. Saya tidak menyesali keputusan menurunkan dia di laga ini. Dia mungkin sempat mengalami masalah kecil, tapi dia sudah cukup fit,'' kata pelatih asal Spanyol tersebut.

Arteta merujuk pada cedera ringan yang sempat dialami Saka, tepatnya saat ditarik keluar pada menit terakhir laga derbi London Utara, dua pekan lalu. Winger berusia 22 tahun itu juga hanya tampil selama 76 menit di laga berikutnya, tepatnya kala menghadapi Bournemouth, akhir pekan lalu. Pun dengan keputusan Arteta mengistirahatkan Saka di laga kontra Brentford di arena Piala Liga Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement