Jumat 06 Oct 2023 02:11 WIB

Kesepakatan Sponsor AS Roma dengan Riyadh Season Picu Gejolak Politik di Italia

Riyadh Season adalah festival olahraga dan hiburan Arab Saudi.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Para pemain AS Roma
Foto: Alfredo Falcone/LaPresse via AP
Para pemain AS Roma

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma mengumumkan telah mencapai kesepakatan sponsor selama dua tahun dengan Riyadh Season di Arab Saudi pada Rabu (4/10/2023) waktu setempat. Riyadh Season adalah festival olahraga dan hiburan Arab Saudi. Namun kesepakatan itu memicu gejolak politik di Kota Roma.

Laporan Gazzetta dello Sport, dilansir dari Football Italia, Kamis (5/10/2023), merinci bagaimana Giallorossi menyetujui kesepakatan dengan Riyadh Season. Riyadh Season akan menjadi sponsor utama di kaos AS Roma selama dua tahun dengan angka perjanjian senilai 25 juta Euro. AS Roma juga akan memainkan dua pertandingan persahabatan di Arab Saudi.

Baca Juga

Pengumuman tersebut langsung menimbulkan reaksi politik. Sebab Roma maupun Riyadh sama-sama bersaing menjadi tuan rumah World Expo 2030. Keputusan siapa yang akan dipilih akan dilakukan di Paris pada 28 November lewat pemungutan suara.

Panggilan telepon langsung masuk ke CEO AS Roma Lina Souloukou dari Wali Kota Roma Roberto Gualtieri. Wali Kota dilaporkan sangat marah dan menuduh CEO AS Roma kurang sopan padahal sudah memperingatkan Presiden Komite Olimpiade Italia Giovanni Malago dan Menteri Olahraga Andre Abodi.

Kemarahan juga ditunjukkan oleh politisi lokal wilayah Lazio. Mereka tidak senang dengan kesepakatan yang tercapai antara AS Roma dengan Riyadh Season. Usaha mereka tampak sia-sia karena pendanaan infrastruktur untuk wilayah tersebut terkait penyelenggaraan World Expo 2030.

Selain Roma dan Riyadh, Busan, Korea Selatan dan Odesa, Ukraina juga bersaing menjadi tuan rumah World Expo 2030. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement