Sabtu 07 Oct 2023 22:54 WIB

Berikut Daftar Panjang Rekor Marc Marquez Selama di Honda, Kalahkan Valentino Rossi

Marc Marquez layak menyandag status pembalap terbaik Honda sepanjang masa.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez.
Foto: EPA-EFE/DANILO DI GIOVANNI
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap MotoGP Marc Marquez secara pasti berpisah dengan tim Repsol Honda pada akhir musim 2023 nanti. The Baby Alien praktis bakal mengakhiri kisah perjalanannya selama 11 tahun.

Pihak HRC telah sepakat mengakhiri kontrak dengan Marquez sebelum waktunya, di mana sang rider diklaim mengajukan permintaan secara langsung untuk hengkang dari tim asal Jepang.

Baca Juga

"Dengan sisa satu tahun dalam kontrak empat tahun antara HRC dan Marquez, kedua pihak sepakat untuk mengakhiri kerja sama setelah selesainya musim MotoGP 2023," demikian pernyataan HRC dilansir Crash.net, Sabtu (5/7/10/2023).

Keputusan ini akan mengakhiri 11 tahun kolaborasi antara keduanya, di mana telah menghasilkan enam kali gelar juara dunia MotoGP buat Marquez, serta lima kali Triple Crown alias menjadi jawara sekaligus dalam satu musim dari sisi pembalap, tim, dan pabrikan.

Dalam keterangannya, HRC mengungkap jasa Marquez yang meraih kemenangan debutnya di MotoGP bersama Honda RC213V di seri GP Austin 2013, mencatatkan rekor sebagai juara seri termuda, kemudian sekaligus menjadi juara dunia, bahkan berstatus jawara termuda pada musim itu juga dengan usia 20 tahun 266 hari.

HRC juga berjanji masih akan memberikan dukungan penuh bagi Marquez sampai musim 2023 berakhir, di mana masih tersisa enam seri balapan.

Pembalap berusia 30 tahun itu dalam unggahan di Twitter resminya pun secara terbuka telah memberikan pesan perpisahan kepada Repsol Honda dengan mengenang 59 kali juara seri, 101 podium, dan 64 pole position.

"Kerja keras, determinasi, dan ikatan telah kita bangun bertahun-tahun. Tawa, tangis, kesenangan, momen berat, tapi yang paling penting hubungan dan unik dan tak terulang. Berpisah, tapi selalu bersama," tulis Marc Marquez.

Dikutip Honda Racing, Marquez tercatat enam kali juara dunia MotoGP kala menunggangi Repsol Honda. Hal tersebut dilakukan pria kelahiran Lleida ini pada musim 2013,2014, 2016,2017,2018, dan 2019.

 

Berikut catatan rekor Marquez selama menjadi pembalap Repsol Honda:

 

5 Marquez adalah pembalap pertama dalam sejarah MotoGP yang memenangkan setidaknya lima balapan dalam satu musim selama delapan musim berturut-turut

 

6 Marquez memegang rekor peraih pole position terbanyak secara kumulatif di ajang MotoGP, pun peraih juara seri terbanyak dalam musim perdana alias musim rookie sebanyak enam kali

 

13 Marquez mencatat 13 kali juara seri dalam satu musim dari 18 seri belapangan pada MotoGP musim 2014

 

18 Pada musim 2019 Marquez menjadi pembalap sepanjang masa dengan podium terbanyak dalam satu musim, 18 kali dari 19 seri balapan. Pun, juga mengumpulkan poin terbanyak pada satu musim MotoGP dengan 420 poin

 

37 Untuk rekor juara dan pole position dalam satu seri, Marquez menyamai catatan Mick Doohan sebanyak 37 kali, mengasapi Valentino Rossi dengan catatan 35 dan Casey Stoner 22 kali

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement