Selasa 10 Oct 2023 17:08 WIB

Kemampuan Ahli Duplikat Kunci Motor di Lombok Buat Pembalap Moto2 Terperangah

Hanya dalam 10 menit, masalah kunci motor yang dihadapi Alonso Lopez selesai.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap Moto2 asal Spanyol, Alonso Lopez.
Foto: EPA-EFE/BIEL ALINO
Pembalap Moto2 asal Spanyol, Alonso Lopez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seri ke-15 MotoGP musim ini, GP Indonesia, baru akan digelar pada akhir pekan ini, Jumat (13/10/2023) hingga Ahad (15/10/2023). Namun, sejumlah pembalap yang akan bertarung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut sudah diketahui berada di Indonesia.

Salah satunya adalah pembalap asal Spanyol, Alonso Lopez, yang memperkuat tim Speed Up di kelas Moto2. Lopez bahkan diketahui sudah berada di Lombok pada akhir pekan ini. Pembalap berusia 21 tahun itu agaknya datang lebih cepat ke Pulau Lombok untuk bisa sejenak berlibur di sela-sela padatnya jadwal balapan MotoGP.

Baca Juga

Pengalaman unik pun dialami pembalap berusia 21 tahun tersebut. Lewat unggahan di akun media sosialnya, Lopez mengaku sempat kehilangan kunci motor sewaan yang digunakannya selama di Lombok. Keesokan harinya, Lopez, yang dibantu warga setempat, meminta bantuan ahli duplikat untuk memecahkan masalah tersebut.

Hanya dalam 10 menit, masalah yang dihadapi Lopez itu selesai. Lopez sudah memiliki kunci baru dan bisa digunakan untuk menghidupkan kembali motornya tersebut. Pembalap kelahiran Kota Madrid, Spanyol, pun mengaku terkejut dengan kemampuan ahli duplikat kunci tersebut.

''Aku tidak mengatakan apa-apa, tapi aku kehilangan kunci motorku kemarin, dan aku terkejut dalam 10 menit aku sudah punya yang baru,'' tulis Lopez dalam unggahan di bagian stories akun Instagram miliknya, beberapa waktu lalu.

Dalam unggahan itu, Lopez juga menampilkan proses pembuatan duplikat kunci. Dalam video tersebut, ahli duplikat kunci itu terlihat mengukur kunci yang akan digunakan. Setelah itu, ahli duplikat kunci langsung meratakan bagian yang dianggap bisa sesuai dengan rumah kunci motor Lopez.

Semua langkah ini dilakukan ahli duplikat kunci itu secara langsung. Bahkan, ahli duplikat kunci itu terlihat menggunakan bagian pijakan kaki motor sebagai alas untuk meratakan kunci baru tersebut. Lopez mengaku mengeluarkan biaya sebesar enam euro atau sekitar Rp 100 ribu untuk pembuatan duplikat kunci tersebut.

''Dia melakukannya di sini (sembari menunjukkan pijakan kaki motor). Semua ini menghabiskan enam euro selama 10 menit,'' tulis Lopez di keterangan video tersebut.

GP Indonesia tahun ini debut Lopez mengaspal di Sirkuit Mandalika. Pembalap yang memperkuat tim Speed Up sejak 2021 itu diketahui absen di GP Indonesia pada musim ini.

Lopez tentu berharap bisa menambah koleksi raihan podium pada musim ini di Sirkuit Mandalika. Dari 14 seri yang telah dilakoni pada musim ini, Lopez tercatat sudah tiga kali naik podium, tepatnya di posisi ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement