Rabu 11 Oct 2023 20:03 WIB

Marc Marquez Bertekad Teruskan Momentum Positif di GP Indonesia

Marquez bertekad untuk bisa mempersembahkan hasil terbaik buat tim Honda.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- GP Indonesia akan menjadi seri pertama buat Marc Marquez usai keputusan meninggalkan tim Honda pada akhir musim ini. Pembalap asal Spanyol itu pun bertekad meraih hasil maksimal di seri ke-15 MotoGP musim ini seraya melanjutkan momentum di seri sebelumnya.

Meski masih memiliki kontrak bersama Repsol Honda hingga 2024, Marquez dan pabrikan asal Jepang itu sepakat mengakhiri kerja sama tersebut pada akhir musim ini. Pembalap berusia 30 tahun itu akan memperkuat Ducati dengan menjadi salah satu pembalap utama tim Gresini Racing pada musim depan.

Baca Juga

Rencana akhir kerja sama antara Honda dan Marquez diumumkan secara resmi pada akhir pekan lalu atau hanya berselang beberapa hari pasca-GP Jepang, awal bulan ini. Pembalap yang merengkuh enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP bersama Honda itu pun mulai memasuki periode akhir kerja sama dengan Honda.

Marquez bertekad untuk bisa mempersembahkan hasil terbaik buat Honda pada enam seri terakhir MotoGP musim ini, diawali dengan GP Indonesia, yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akhir pekan ini.

''Target kami di seri ini akan sama seperti di seri-seri berikutnya pada pengujung musim ini. Kami akan berusaha tampil maksimal dan mengakhiri musim 2023 dengan berada di posisi terbaik sebagai sebuah tim,'' ujar Marquez seperti dilansir laman resmi MotoGP, Rabu (11/10/2023).

Marquez pun menatap GP Indonesia dengan optimisme tinggi menyusul hasil apik di seri terakhir, GP Jepang, dua pekan lalu. Marquez berhasil merebut podium terakhir dan finish di peringkat ketiga dalam sesi balapan di Sirkuit Motegi tersebut. Ini menjadi keberhasilan pertama Marquez naik ke podium pada sepanjang MotoGP musim ini yang telah menyelesaikan 14 seri.

Tidak hanya itu, finish di peringkat ketiga GP Jepang itu juga menjadi podium pertama Marquez sejak Oktober 2021. Marquez, yang terus didera cedera dan serangkaian insiden terjatuh ataupun kecelakaan pada musim ini, mulai menunjukkan peningkatan performa.

Marquez dinilai mampu tampil lebih sabar dan matang dalam mengambil risiko saat turun ke lintasan. Apabila berhasil naik podium di GP Indonesia, Marquez akan memperbaiki catatan penampilan di Sirkuit Mandalika. Pada musim lalu, Marquez terpaksa absen di sesi kualifikasi dan balapan utama lantaran mengalami cedera usai terjatuh di sesi pemanasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement