Kamis 12 Oct 2023 15:09 WIB

Suporter Harap Timnas Indonesia Bermain All Out Lawan Brunei Darussalam, Minimal 3-0

Indonesia dikenal punya rekor top melawan Brunei.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Suporter Timnas Indonesia, Erisa Oktaviana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Suporter Timnas Indonesia, Erisa Oktaviana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada fase pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Di atas kertas Indonesia memang lebih diunggulkan dari Brunei tapi suporter berharap Indonesia bermain all out untuk meraih kemenangan besar dengan clean sheet pada laga tersebut.

Tim Merah Putih punya catatan gemilang dalam pertemuannya dengan negeri Petro Dollar itu. Tercatat sejak 1977 hingga 2023, Indonesia dan Brunei sudah bentrok 11 kali. Dari 11 pertemuan itu, Indonesia menang tujuh kali, dua kali imbang, dan Brunei menang dua kali. Pertemuan terakhir kedua tim adalah di fase grup Piala AFF 2022, di mana Indonesia menang 7-0.

Baca Juga

Kendati demikian, suporter berharap tim asuhan Shin Tae-yong tetap menyajikan pertandingan yang menghibur dengan banyaknya gol yang tercipta ke gawang Brunei Darussalam. Seorang suporter, Erisa Oktaviana, mengaku rela meluangkan waktunya untuk Indonesia, sebab itu ia berharap hasil yang memuaskan dari Merah Putih. 

"Harapan kami sebagai pendukung timnas, semoga timnas kali ini dapat bermain dengan all out untuk bisa membawa dan membanggakan indonesia," kata Erisa saat diwawancarai, Kamis (12/10/2023).

Wanita berusia 29 tahun itu berharap Indonesia setidaknya bisa menang dengan skor 3-0 melawan Brunei. Meskipun sebelumnya tim Merah Putih berhasil menaklukkan Brunei dengan kemenangan telak 7-0, ia tak mau menganggap remeh tim asuhan Mario Rivera itu. Menurut dia, tim-tim di Asia Tenggara lain juga mengalami perkembangan. 

"Tim negara asia tenggara saat ini pun sudah banyak melakukan rombakan. Jadi, setidaknya minimal menang 3-0 saja," kata penggemar Cristiano Ronaldo itu.

Apa yang dikatakan Erisa senada dengan pelatih Shin Tae-yong yang meminta anak asuhnya untuk tidak lengah. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta Asnawi Mangkualam dkk tidak lengah dan tetap bekerja keras untuk meraih kemenangan di pertandingan nanti.

"Saya pun berharap para pemain kita harus bisa menghargai lawan, begitu juga kita harus menunjukkan yang terbaik di lapangan, di luar lawan kita kuat atau tidak, kita tetap harus bisa melakukan permainan kita," kata Shin Tae-yong jelang laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement