Kamis 12 Oct 2023 18:51 WIB

Penggemar Timnas Indonesia Mulai Penuhi Kompleks Stadion Utama GBK

Sebagian besar penonton yang datang berbaju merah dengan lambang Garuda.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Para penggemar timnas Indonesia, Halomoan, Iqbal dan Muhammad Erwin Ashari (kiri-kanan) menjelang laga Indonesia vs Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Para penggemar timnas Indonesia, Halomoan, Iqbal dan Muhammad Erwin Ashari (kiri-kanan) menjelang laga Indonesia vs Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengunjung mulai memadati area Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, pada Kamis (12/10/2023) petang WIB. Di arena tersebut akan berlangsung laga tim nasional (timnas) Indonesia menghadapi Brunei Darussalam.

Skuad polesan Shin Tae-yong jumpa Brunei pada leg pertama putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026, malam ini. Tepatnya pada pukul 19.00 WIB. Pantas saja jika GBK dipenuhi lautan manusia.

Baca Juga

Sebagian besar penonton yang datang berbaju merah dengan lambang Garuda. Itu ciri khas penggemar timnas Indonesia. Ada yang berkelompok, berduaan, satu keluarga, dan sebagainya.

Antrean terlihat di sejumlah pintu masuk. Dari ring satu, dua, tiga. Di tribun, masih terlihat agak lengang.

Petugas keamanan juga bersiaga di berbagai area. Ada yang dari TNI, Polri, juga pihak swasta. Suasana nampak terkendali.

Beberapa tokoh penting bakal hadir menonton langsung pertandingan ini. Dimulai dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir hingga Presiden RI Joko Widodo. Itu menunjukkan pentingnya duel ini.

Indonesia menghadapi Brunei dalam dua leg. Berikutnya partai berlangsung di markas lawan. Tepatnya di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023) malam WIB.

Tim yang unggul secara agregat akan lolos ke putaran berikutnya. Selanjutnya baik Indonesia maupun Brunei sudah ditunggu peserta Grup F. Dalam kelompok tersebut ada Irak, Vietnam, serta Filipina.

Tampil di rumah sendiri, anak asuh Shin Tae-yong diunggulkan menjadi pemenang. Puluhan ribu penggemar berada di belakang timnas. Meski demikian, Coach Shin belum bisa menurunkan amunisi terbaiknya.

Tiga jugador penting dipastikan absen. Ada Jordi Amat, Yance Sayuri, dan Ivar Jenner. Semua karena cedera.

Lalu Marcelino Ferdinan dan Edo Febriansyah diragukan tampil. Marcelino dalam pemulihan hamstringnya. Edo mengalami masalah di pergelangan kaki.

Namun Shin tetap menyertakan keduanya dalam daftar 26 pemain yang dipanggil. Sang arsitek tim bergerak cepat mencari pengganti Jordi, Yance, serta Jenner. Fachruddin Aryanto, Dzaky Asraf, Hokky Caraka dipanggil bergabung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement