Kamis 12 Oct 2023 19:57 WIB

Babak Pertama, Indonesia Unggul 2-0 Atas Brunei Darussalam

Sejak menit ke-12 timnas Indonesia sudah unggul 2-0.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Indonesia mengikuti latihan jelang laga leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 vs Brunei Darussalam di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (11/10/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia mengikuti latihan jelang laga leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 vs Brunei Darussalam di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia mendominasi permainan menghadapi Brunei Darussalam pada fase pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023) malam WIB. Dua gol berhasil diciptakan Indonesia di babak pertama.

Brunei memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Namun percobaan yang dilakukan pasukan Mario Rivera dapat dihentikan di sepertiga akhir. Belum ada ancaman yang mampu dilancarkan ke gawang Nadeo Argawinata.

Baca Juga

Skuad Garuda langsung melancarkan serangan balik. Tim asuhan Shin Tae-yong menerapkan high pressing dengan hanya menyisakan Rizky Ridho sebagai jangkar. Percobaan pertama dilakuakan Elkan Baggott di menit keempat, tapi masih meleset dari sasaran.

Indonesia memetik keunggulan cepat di menit ke-7. Umpan lambung berhasil disambut Hokky Caraka di sisi kiri gawang. Ia melepaskan tandukan ke mulut gawang dan dengan mudah dilahap oleh Dimas Drajad. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Indonesia mendominasi. Tim Merah Putih mengepung Brunei, beberapa percobaan ke gawang lawan pun dilakukan. Seperti Marc Klok yang berdiri tanpa penjagaan di depan kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan setengah voli tapi mampu dihalau kiper.

Tanpa butuh waktu lama gol pun kembali tercipta di menit-12. Rizky Ridho menggandakan keunggulan Indonesia. Ia menyelesaikan umpan sepak pojok dari Saddil Ramdani dengan tembakan langsung ke gawang. Skor berubah 2-0 untuk Indonesia.

Setelah 15 menit Brunei pun akhirnya mampu mendapatkan ritme permainan. Namun belum ada ancaman berarti ke gawang Nadeo. Upaya tim asuhan Mario Rivera masih dapat dihentikan di sepertiga akhir pertahanan Indonesia.

Peluang pertama Brunei di menit ke-27 melalui tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Hariz Danial mengeksekusi bola mati tersebut, ia melepaskan tembakan langsung tapi gagal menembus pagar hidup Indonesia.

Tempo permainan sedikit menurun di 15 menit tersisa. Kendati demikian Indonesia masih mendominasi permainan dengan beberapa ancaman yang diberikan di area pertahanan Brunei Darussalam. Skor bertahan 2-0 untuk keunggulan Indonesia di paruh waktu.

Susunan pemain kedua tim:

Indonesia (3-4-3)

Nadeo Argawinata (kiper); Elkan Baggott, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam; Marck Klok, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Sandy Walsh; Hokky Caraka, Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan

Pelatih: Shin Tae-yong

Brunei Darussalam (4-5-1)

Muhammad Haimie Nyaring (kiper); Abdul Mu'iz Sisa, Muhammad Nazhan Zulkiflie, Muhammad Hanif Hamir, Ak Yura Indera Putera; Mohd Hendra Azam, Md Hariz Danial, Nazirrudin Ismail, Md Haziq Kasyful, Muhammad Hakeme Yazid, Mohammad Khairil Shahme

Pelatih: Mario Rivera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement