Jumat 13 Oct 2023 03:07 WIB

Timnas Indonesia Sudah Menang 6 Gol, Shin Tae-yong Tetap Instruksikan Menyerang di Brunei

Shin mengatakan timnas Indonesia akan datang ke Brunei untuk menyerang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kedua kiri).
Foto: REPUBLIKA/Frederikus Bata
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kedua kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia pesta gol saat bertemu Brunei Darussalam pada leg pertama putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad polesan Shin Tae-yong (STY) unggul 6-0 atas Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (12/10/2023) malam.

Satu kaki pasukan Garuda sudah berada di tahap selanjutnya. Butuh keajaiban bagi the Wasps untuk membalikkan keadaan. Ditambah, Shin enggan berpuas diri.

Baca Juga

Ia senang, lini depan timnya tampil efektif. Lima dari enam gol skuad Garuda diciptakan penyerang. Muhammad Dimas Drajad mencetak hattrick. Ramadhan Sananta membuat brace. Satu gol tuan rumah lainnya, tercatat atas nama Rizky Ridho Ramadhani.

"Kami datang ke Brunei untuk menyerang. Walau kami sudah cetak enam gol tadi, kami akan lebih pressing di depan," kata STY melalui penerjemahnya, dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Tampil di markas sendiri, tim Merah Putih mendominasi sejak awal. Tekanan demi tekanan dilancarkan. Kubu tamu tak dibiarkan berkembang.

Disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, timnas menampilkan permainan ciamik. Pergerakan semua lini tim Garud terlihat hidup. Para pemain yang diturunkan menjalankan instruksi Shin Tae-yong dengan baik. Hasil akhir, Brunei dibuat bertekuk lutut

Secara keseluruhan, STY melihat penampilan timnya mengalami perkembangan pada babak kedua. Alhasil, setelah turun minum, ada tambahan empat gol lagi. Selama 45 menit awal, Indonesia memimpin 2-0.

Kursi tribun GBK tak terisi penuh. Meski demikian, atmosfer di stadion tetap hidup. Dua kelompok suporter, La Grande Indonesia dan Ultras Garuda berperan menyemarakkan suasana. Penonton lain juga demikian.

Hasil ini sangat penting bagi skuad Garuda sebagai modal berharga menuju leg kedua. Berikutnya duel berlangsung di markas lawan pada Selasa (17/10/2023) malam. Tim yang unggul nilai atau agregat melaju ke putaran kedua. 

Jika melaju mulus, pasukan Garuda bakal tergabung di Grup F. Persaingannya lebih ketat lagi. Asnawi Mangkualam Bahar dan rekan-rekan sudah ditunggu Irak, Vietnam, dan Filipina.

Penggemar Garuda berharap Shin bisa menurunkan amunisi terbaik di partai-partai berikutnya. Dalam laga kali ini, Indonesia tidak diperkuat Jordi Amat, Yance Sayuri, dan Ivar Jenner. 

Marcelino Ferdinan dan Edo Febriansyah tidak dalam kondisi terbaik. Marcelino dalam pemulihan hamstringnya. Edo mengalami masalah di pergelangan kaki. Namun Shin tetap menyertakan keduanya dalam daftar 26 pemain yang dipanggil. Sang arsitek mencari pengganti Jordi, Yance, serta Jenner dengan memanggil Fachruddin Aryanto, Dzaky Asraf, dan Hokky Caraka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement