Jumat 13 Oct 2023 04:24 WIB

Spanyol Tunda Pesta Kelolosan Skotlandia ke Euro 2024

Spanyol mengalahkan Skotlandia 2-0 di Grup A Kualifikasi Euro 2024.

Para pemain Spanyol merayakan gol Alvaro Morata (kedua kanan) ke gawang Skotlandia dalam laga Grup A Kualifikasi Euro 2024,
Foto: EPA-EFE/Julio Munoz
Para pemain Spanyol merayakan gol Alvaro Morata (kedua kanan) ke gawang Skotlandia dalam laga Grup A Kualifikasi Euro 2024,

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Alvaro Morata dan Oihan Sancet mencetak gol pada babak kedua saat Spanyol memastikan kemenangan 2-0 atas Skotlandia dalam laga Grup A Kualifikasi Euro 2024. Kemenangan di Estadio Olímpico de Sevilla, Jumat (13/10/2023) dini hari WIB, sekaligus memastikan pesta Skotlandia untuk merayakan kelolosan ke putaran final Euro 2024 tertunda.

Skotlandia harus menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan tiket ke Jerman tahun depan. Scott McTominay dkk memimpin Grup A dengan 15 poin dari enam pertandingan setelah mengalami kekalahan untuk pertama kalinya. Adapun Spanyol memiliki 12 poin dari lima pertandingan dan Norwegia 10 dari enam pertandingan. Skotlandia akan lolos jika Norwegia gagal meraih kemenangan saat menjamu Spanyol pada awal pekan depan.

Baca Juga

Kemenangan ini memperpanjang catatan kemenangan Spanyol di kandang dalam kualifikasi Euro menjadi 25 pertandingan sejak tahun 2003. Namun mereka dibuat frustasi di sebagian besar pertandingan malam itu oleh pertahanan Skotlandia yang berani, meskipun kehilangan kapten Andy Robertson di menit ke-44 karena cedera merupakan pukulan bagi tim tamu.

Skotlandia mengira mereka telah mencetak gol pembuka di pertengahan babak kedua saat Scott McTominay mencetak gol dari tendangan bebas, namun gol tersebut dianulir karena offside.

Ferran Torres berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang tim tamu, Angus Gunn, namun tendangannya masih melebar, dan tuan rumah hampir saja mencetak gol ketika tendangan Mikel Merino dari tepi kotak penalti membentur tiang gawang.

Tendangan bebas McTominay dari sudut sempit masuk ke tiang jauh, tapi tayangan Video Assistant Referee (VAR) menyatakan bahwa pemain bertahan Jack Hendry berada dalam posisi offside. Spanyol akhirnya berhasil memanfaatkan penguasaan bola saat Morata menanduk bola umpan silang dari Jesus Navas.

Poin telah aman saat Aaron Hickey terpeleset di bawah tekanan dan membuat Sancet dapat mencetak gol dari umpan silang Joselu, meskipun terlihat bahwa sentuhan terakhir datang dari pemain bertahan Skotlandia Ryan Porteous.

Norwegia meraih kemenangan di pertandingan lainnya di grup ini saat Erling Haaland mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0 di Siprus, dengan Alexander Sorloth dan Fredrik Aursnes juga mencetak gol.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement