Jumat 13 Oct 2023 20:06 WIB
...

Hasil Latihan Bebas GP Indonesia: Tim Aprilia Dominan, Bezzecchi Menjanjikan

Hasil minor justru diraih pembalap papan atas Francesco Bagnaia dan Jorge Martin.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol yang membela tim Aprilia, Maverick Vinales, memacu motornya pada sesi latihan bebas GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Jumat (13/10/2023).
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Pembalap MotoGP asal Spanyol yang membela tim Aprilia, Maverick Vinales, memacu motornya pada sesi latihan bebas GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Jumat (13/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- GP Indonesia telah menuntaskan hari pertama yang diisi sesi latihan bebas di tiga kelas berbeda, termasuk kelas utama, Jumat (13/10/2023). Di sesi latihan bebas kelas MotoGP, duo pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, menjadi yang tercepat.

Espargaro sukses mencatatkan waktu 1 menit 30,474 detik saat melahap satu putaran Sirkuit Mandalika, yang memiliki jarak lintasan mencapai 4,3 kilometer. Selama kurang lebih setengah jam waktu yang dialokasikan, Espargaro mampu melalui 22 putaran.

Baca Juga

Posisi kedua ditempati rekan setim Espargaro, Maverick Vinales. Eks pembalap Monster Yamaha itu hanya terpaut 0,154 detik dan menyelesaikan 25 putaran selama sesi latihan bebas kedua kelas utama, yang digelar Jumat (13/10/2023) siang WITA. Dengan hasil ini, Aprilia seolah kembali menunjukkan tajinya di Sirkuit Mandalika.

Di seri terakhir, tepatnya di GP Jepang, Espargaro mampu finish di posisi kelima. Tidak hanya itu, catatan waktu 1 menit 30,474 detik milik Espargaro ini sekaligus menjadi catatan waktu tercepat di Sirkuit Mandalika, melampui torehan waktu Fabio Quartaro pada musim lalu.

Sebelum akhirnya rekor itu dipecahkan oleh Espargaro di pengujung sesi latihan bebas, pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi, lebih dulu memecahkan catatan waktu milik Quartararo tersebut. Bezzecchi tampil cukup menjanjikan di sesi latihan besar terakhir kelas MotoGP tersebut.

Pembalap asal Italia itu menorehkan catatan waktu 1 menit 30,644 detik saat sesi latihan bebas tinggal menyisakan waktu 10 menit. Dengan catatan waktu tersebut, Bezzecchi mengakhiri sesi latihan bebas di peringkat ketiga. Catatan ini pun terbilang cukup mengejutkan.

Pasalnya, anak didik legenda MotoGP, Valentino Rossi, itu baru pulih dari cedera tulang selangka kanan usai terjatuh di sesi latihan, akhir pekan lalu. Tidak hanya itu, Bezzecchi, yang menempati peringkat ketiga klasemen sementara pembalap, juga sempat terjatuh di sesi pertama latihan bebas kelas MotoGP, Jumat (13/10/2023) pagi WITA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement