Jumat 13 Oct 2023 17:20 WIB

Belum Pulih Total dari Cedera, Alex Marquez Dipastikan Absen di GP Indonesia

Alex Marquez tercatat jadi satu-satunya pembalap yang dipastikan absen di Mandalika.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Alex Marquez, dari tim Gresini Racing.
Foto: EPA-EFE/JUAN IGNACIO RONCORONI
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Alex Marquez, dari tim Gresini Racing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap tim Gresini Racing, Alex Marquez, sebenarnya sempat dinyatakan fit untuk tampil di GP Indonesia, yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, setelah turun di sesi latihan bebas, Jumat (13/10/2023) siang WITA, Marquez menyatakan mundur dari seri ke-15 MotoGP musim ini.

Adik dari pemilik enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP, Marc Marquez, itu sempat tampil di sesi latihan bebas pertama GP Indonesia. Pembalap asal Spanyol itu pun sempat melahap 13 putaran Sirkuit Mandalika dan menempati peringkat ke-20 daftar pembalap.

Baca Juga

Namun, pada pengujung sesi latihan bebas, Marquez terjatuh di tikungan pertama. Masih mampu bangkit dan berdiri, pembalap berusia 27 tahun itu tidak kuat mengangkat motor Ducati Desmosedici GP22 miliknya. Marquez akhirnya dipastikan absen di tiga sesi tersisa GP Indonesia.

''Alex Marquez dipastikan absen di sisa seri GP Indonesia karena rasa sakit di tubuhnya setelah menjalani sesi latihan bebas pertama,'' tulis pernyataan resmi tim Gresini Racing via akun media sosial seperti dilansir laman resmi MotoGP, Jumat (13/10/2023).

Marquez memang baru pulih dari cedera patah tulang rusuk. Cedera didapatkan pembalap asal Spanyol itu saat terjatuh di sesi kualifikasi GP India, pertengahan bulan lalu. Selain absen di sesi sprint race dan balapan utama GP India, Marquez juga absen di GP Jepang, dua pekan lalu.

Marquez tercatat menjadi satu-satunya pembalap yang telah dipastikan absen di GP Indonesia. Sebelumnya, pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi, dinyatakan sudah cukup fit untuk bisa tampil setelah sempat terjatuh di sesi balapan bebas dan baru pulih dari cedera tulang selangka kanan.

GP Indonesia juga menjadi kesempatan perdana buat sejumlah pembalap untuk kembali mengaspal usai absen lantaran cedera. Mulai dari Luca Marini, Enea Bastianini, hingga Alex Rins sudah kembali melanjutkan kiprah di pentas MotoGP musim ini dengan tampil di sesi latihan bebas GP Indonesia.

Dengan mundurnya Marquez, tim Gresini Racing hanya akan diwakili satu pembalap, yaitu Fabio di Giannantonio, di sisa sesi GP Indonesia. Di Giannantonio mampu mengakhiri sesi pertama balapan bebas GP Indonesia di posisi ke-11.

Marquez, yang akan berduet dengan kakaknya dalam mengisi line-up pembalap tim Gresini Racing pada musim depan, diharapkan sudah bisa tampil di GP Australia, yang bakal dihelat di Sirkuit Phillips Island, akhir pekan depan. Sempat satu kali naik podium dari 14 seri MotoGP musim ini, Marquez duduk di peringkat ke-11 klasemen sementara pembalap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement