Sabtu 23 Sep 2023 18:37 WIB

Cedera, Kiprah Alex Marquez di GP India Terhenti

Alex Marquez terpental dari motor Ducati Desmosedici GP22 di tikungan kelima.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP dari tim Gresini Ducati asal Spanyol, Alex Marquez, yang merupakan adik kandung juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Pembalap MotoGP dari tim Gresini Ducati asal Spanyol, Alex Marquez, yang merupakan adik kandung juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, NOIDA -- Pembalap Gresini Racing, Alex Marquez, dipastikan absen di dua sesi terakhir GP India, sesi sprint race dan sesi balapan utama. Pembalap berusia 27 tahun itu mengalami cedera patah tulang rusuk usai mengalami insiden terjatuh di sesi kualifikasi pertama GP India, Sabtu (23/9/2023) siang WIB.

Alex Marquez terpental dari motor Ducati Desmosedici GP22 di tikungan kelima Sirkuit Internasional Budh para periode akhir sesi kualifikasi pertama. Usai terjatuh, Marquez terlihat langsung melepas sarung tangan kanannya dan sempat memegangi dada kiri sebelum akhirnya mendapatkan pertolongan dari tim medis.

Baca Juga

Meski berhak tampil di kualifikasi kedua, Marquez dinyatakan tidak cukup fit untuk bisa mengaspal. Berdasarkan keterangan awal tim medis, adik dari pengoleksi enam gelar juara kelas utama MotoGP, Marc Marquez, itu mengalami patah tulang rusuk. Marquez pun akhirnya sempat dilarikan ke rumah sakit di New Delhi.

''Hasil pemindaian menunjukkan, Marquez mengalami patah tulang rusuk ketujuh dan kedelapan di sisi kiri. Imbasnya, pembalap asal Spanyol itu dinyatakan tidak bisa tampil di sesi sprint race yang digelar Sabtu (23/9/2023) petang WIB, dan sesi balapan utama, Ahad (24/9/2023) waktu setempat,'' tulis laporan Motorsport, Sabtu (23/9/2023).

Kondisi teranyar dan kepastian absennya Marquez ini, lanjut laporan Motorsport, telah dikonfirmasi langsung oleh tim Gresini Racing. Di dua sesi terakhir GP India, Marquez akan menempati posisi ke-12 di starting grid. Dengan cedera yang dialami Marquez, pembalap yang ada di belakang Marquez berhak maju satu posisi di starting grid.

Meski cedera ini dinilai tidak terlalu serius, Marquez memiliki waktu yang terbilang sempit untuk bisa segera pulih. Pasalnya, hanya berselang sepekan pasca-gelaran GP India, MotoGP musim ini sudah menggelar seri ke-14, GP Jepang yang dihelat di Sirkuit Motegi.

Dengan menilik proses pemulihan yang dibutuhkan Marquez, eks pembalap Repsol Honda itu diperkirakan absen di GP Jepang tersebut. Namun, Marquez masih memiliki peluang untuk bisa turun di GP Indonesia, yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika, pertengahan bulan depan.

Dari 12 seri di pentas MotoGP musim ini, Marquez sempat meraih podium kala finish di peringkat ketiga GP Argentina, awal April lalu. Selain itu, Marquez juga mampu finish di posisi 10 besar di tujuh seri. Marquez menempati peringkat kesembilan di klasemen sementara pembalap MotoGP musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement