Jumat 13 Oct 2023 20:55 WIB

Perbasi Bentuk Tim Lapis Kedua Timnas Bola Basket Berkekuatan Pemain Muda

Perbasi menyiapkan masa depan timnas basket dengan para pemain muda.

Ketua Umum PB Perbasi Danny Kosasih.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ketua Umum PB Perbasi Danny Kosasih.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- PP Perbasi membentuk tim lapis dua untuk timnas bola basket Indonesia yang diperkuat pemain-pemain muda berusia di bawah 22 tahun. Tim lapis dua yang diberi nama Indonesia Elite ini seluruh pemainnya merupakan hasil pemantauan Badan Tim Nasional dan dalam waktu dekat akan dikirim untuk mengikuti kejuaraan di Cina dan Malaysia.

"Pengiriman pemain muda ini bagian dari upaya Perbasi membentuk tim lapis kedua timnas bola basket Indonesia. Melalui kejuaraan-kejuaraan ini, diharapkan nanti mendapatkan 24 pemain termuda elite,” ujar Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga

Pada 19-25 Oktober 2023, sebanyak 12 pemain dikirim ke Kejuaraan Bola Basket Piala Zheng Cheng Gong Cup ke-10 yang dilaksanakan di Nan’an City Provinsi Fujian, Cina. Kemudian memasuki November, 12 pemain akan dikirim ke kejuaraan di Malaysia bernama Datuk Wira Cup Melaka U-21 yang dilaksanakan pada 3-5 November 2023.

Sebanyak 12 pemain terbaik yang dikirim ke kejuaraan di Cina merupakan hasil pantauan Badan Tim Nasional. Para pemain itu sudah berlatih sejak 11 Oktober di GBK Arena Senayan Jakarta di bawah asuhan pelatih Efri Meldi dengan Andri Ekayana sebagai asisten pelatih.

“Mereka ke Cina dengan nama Indonesia Elite. Sengaja kami kirim pemain muda U-22 karena tujuan pengiriman ini untuk memberikan pengalaman tanding bagi para pemain muda di ajang luar negeri,” kata Danny.

Danny menambahkan, kebanyakan pemain tim lain di kejuaraan tersebut adalah pemain senior. Hanya dari Indonesia saja yang mengirim pemain di bawah 22 tahun. “Hingga akhir tahun ini, kami merencanakan para pemain muda ini mendapatkan pengalaman bertanding di dalam dan luar negeri. Kejuaraan di Cina dan Malaysia ini diharapkan mampu membentuk karakter dan mental mereka.”

Danny menegaskan, tujuan dibentuknya timnas Indonesia Elite adalah menyiapkan masa depan timnas basket Indonesia dengan para pemain muda. PP Perbasi sudah memutuskan tidak akan mengambil pemain yang sudah dikontrak oleh tim-tim IBL tahun lalu.

Untuk kejuaraan di Cina, Indonesia Elite akan berangkat pada 19 Oktober 2023. Kejuaraan itu diikuti negara-negara Asia seperti Singapura, Malaysia, Cina, Filipina, Taiwan, Makau, Hong Kong, dan Maladewa.

Sementara turnamen di Malaysia, pesertanya adalah dua tim dari Malaysia. Kemudian satu tim dari Taiwan dan Indonesia. Kejuaraan berlangsung di Stadium Basketball MBMB Bukit Serindit, Melaka.

Daftar Nama 12 Pemain Indonesia Elite:

1.  Refka Djalu (DKI Jakarta)

2.  Aoufar Hedyan (DKI Jakarta)

3.  Yogi Saputra Chan (Bengkulu)

4.  Tutde Prayoga (Bali)

5.  Arthur Vadel (Arthur Vadel)

6.  Terrel Ayes (Jawa Barat)

7.  Richie Linardi (Jawa Timur)

8.  Boby Alanda (Jawa Timur)

9.  Nouval (Jawa Timur)

10. Cliffton Wijaya (Jawa Timur)

11. Dame Diagne

12. Serigne Modou Kane.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement