Jumat 13 Oct 2023 22:11 WIB

Jelang Laga Prancis Vs Belanda, Koeman Sentil Mbappe

Koeman sepertinya tidak khawatir dengan potensi ancaman yang bisa dihadirkan Mbappe.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman.
Foto: EPA-EFE/KOEN VAN WEEL
Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman, sepertinya tidak ambil pusing soal potensi ancaman yang bisa dihadirkan penyerang Prancis, Kylian Mbappe, di laga ketujuh penyisihan Grup B Kualifikasi Euro 2024, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB. Belanda dijadwalkan menjamu Prancis dalam laga yang bakal digelar di Stadion Johan Cruyff Arena tersebut.

Performa Mbappe pada awal musim ini memang tengah menjadi sorotan. Meski telah mengemas delapan gol di sembilan partai di semua ajang, penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu gagal mencetak gol di empat laga terakhir secara beruntun. Penyerang berusia 24 tahun itu dinilai tengah mengalami penurunan performa.

Baca Juga

Absen saat Prancis dibekap Jerman, 1-2, di laga uji coba, pertengahan bulan lalu, Mbappe digadang-gadang akan kembali menjadi tumpuan di lini depan Les Bleus. Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, agaknya akan tetap memberi kepercayaan pada Mbappe untuk tampil di laga kontra Belanda.

Koeman pun sepertinya tidak khawatir dengan potensi ancaman yang bisa dihadirkan Mbappe di laga tersebut. Mantan pelatih Barcelona itu pun merujuk pada performa kurang memuaskan Mbappe kala PSG dibekuk Newcastle United, 1-4, di laga lanjutan penyisihan grup Liga Champions, awal bulan ini. Meski tampil selama 90 menit laga, Mbappe gagal memberikan kontribusi maksimal buat PSG di laga tersebut.

''Saya menyaksikan saat Newcastle United menghancurkan PSG, 4-1, dan dia (Mbappe) juga bermain di laga tersebut,'' kata Koeman seperti dilansir TalkSports, Jumat (13/10/2023).

Kendati begitu, Koeman mengakui, Prancis layak menyandang status sebagai unggulan di laga tersebut. Apalagi tim Oranje akan kehilangan sejumlah pemain andalan di laga tersebut, seperti Frenkie de Jong dan Cody Gakpo, lantaran tengah mengalami cedera. Namun, Koeman tetap optimistis, dengan skuad yang ada saat ini, tim Oranje masih memiliki peluang mengejutkan Les Bleus.

''Bukan kebetulan apabila mereka bisa tampil begitu luar biasa. Mereka sudah bermain dalam satu tim dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja, mereka adalah tim favorit di laga ini. Namun, bukan kemustahilan buat kami untuk bisa mengalahkan mereka,'' kata pelatih yang dipercaya menggantikan Louis van Gaal pasca-gelaran Piala Dunia 2022 tersebut.

Koeman pun optimistis, anak-anak asuhnya bisa menorehkan hasil lebih baik dibanding saat terakhir kali berduel dengan Les Blues, di laga pembuka penyisihan Grup B. Saat itu, Belanda harus mengakui keunggulan Prancis, 4-0, kala melawat ke Stadion Saint Denis, akhir Maret 2023.

''Di manapun mereka tampil, mereka akan tetap menerapkan pola permainan yang sama. Sebelum laga di Saint Dennis, kami kehilangan sejumlah pemain pada menit-menit terakhir. Lebih mudah buat kami untuk mempersiapkan diri di laga ini. Kami sudah memiliki rencana pemainan yang lebih matang. Selain itu, skuad di laga ini jauh berbeda dibanding pertemuan terakhir,'' jelas Koeman.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement