Sabtu 14 Oct 2023 05:40 WIB

Kylian Mbappe Cetak Dua Gol ke Gawang Belanda untuk Pastikan Prancis Lolos ke Euro 2024

Prancis dipastikan juara Grup B dengan nilai 18.

Kylian Mbappe dari Prancis (tengah) merayakan keberhasilan menjebol gawang Belanda selama pertandingan kualifikasi Grup B Euro 2024  di Amsterdam Arena, Belanda, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/KOEN VAN WEEL
Kylian Mbappe dari Prancis (tengah) merayakan keberhasilan menjebol gawang Belanda selama pertandingan kualifikasi Grup B Euro 2024 di Amsterdam Arena, Belanda, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Kylian Mbappe mencetak dua gol dalam kemenangan Prancis 2-1 atas Belanda di Grup B Kualifikasi Euro 2024 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Sabtu (14/10/2023). Dua gol ini memastikan Les Bleus meraih kemenangan keenam di Grup B sekaligus tiket berlaga di Euro di Jerman, tahun depan.

Prancis mengoleksi 18 poin, unggul sembilan angka dari Yunani dengan dua laga tersisa. Les Bleus sudah dipastikan menjuarai Grup B.

Baca Juga

Ada pembicaraan sebelum pertandingan bahwa kapten Prancis berusia 24 tahun itu tidak dalam performa terbaiknya setelah gagal mencetak gol dalam empat pertandingan untuk Paris Saint-Germain. Namun ia menghapus keraguan dengan mencetak gol.

Mbappe membuka skor pada menit ketujuh saat ia menaklukkan Lutsharel Geertruida memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan yang dilepaskan oleh Jonathan Clauss. Ia melepaskan tendangan voli yang melewati kiper Brighton Bert Verbruggen, yang baru saja menjalani debutnya untuk Belanda.

Itu gol internasional ke-41 untuk Mbappe, membuatnya sejajar dengan pemain hebat Prancis, Michel Platini. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Prancis, Olivier Giroud, masuk dari bangku cadangan pada babak kedua, tapi tidak mampu menambah koleksi 54 golnya.

Mbappe menggandakan keunggulan pada menit ke-53 ketika ia bertukar operan dengan Adrien Rabiot di tepi kotak penalti Belanda sebelum melepaskan tendangan melengkung yang melewati Verbruggen.

Gelandang Feyenoord, Quilindschy Hartman, menutup penampilan internasional pertamanya yang kuat dengan sebuah gol saat ia mengubah skor menjadi 2-1 dengan 10 menit tersisa setelah menaklukkan Mike Maignan di tiang dekat kiper Prancis. Ini gol pertama yang tercipta ke gawang Prancis dari enam laga kualifikasi. 

Kekalahan kedua Belanda dari Prancis di babak kualifikasi membuat mereka berada di posisi ketiga di belakang Yunani, yang mengalahkan Irlandia 2-0 untuk naik ke posisi kedua. Belanda akan menghadapi Yunani pada Selasa dini hari WIB dalam pertandingan yang dapat menentukan tim mana yang akan lolos ke turnamen tahun depan di Jerman.

Pemain pengganti Donyell Malen mengira dia telah memangkas keunggulan tak lama setelah gol kedua dari Mbappe, tapi usahanya dianulir karena Nathan Ake berada dalam posisi offside.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, memberikan debut kepada Verbruggen dan Hartman dalam tim inti yang tidak diperkuat oleh playmaker Barcelona, Frenkie de Jong, dan penyerang Memphis Depay.

Bek sayap Bayer Leverkusen Jeremie Frimpong menjadi pemain internasional baru ketiga pada malam itu untuk Oranje saat ia masuk menggantikan Denzel Dumfries pada menit ke-62. Bek Tottenham Micky van de Ven menjadi pemain debutan keempat pada menit ke-80 saat ia menggantikan Ake.

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement