Sabtu 14 Oct 2023 17:24 WIB

Ronaldo Pertajam Rekor Usai Antar Portugal ke Putaran Final Euro 2024

Ronaldo sudah mencetak 125 gol internasional bersama Portugal.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang Luksemburg dalam laga kualifikasi EURO 2024
Foto: AP/Luis Vieira
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang Luksemburg dalam laga kualifikasi EURO 2024

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO -- Cristiano Ronaldo rasanya tidak pernah bisa lepas dari torehan rekor. Pemain berusia 38 tahun itu menajamkan rekornya di pentas sepak bola internasional setelah mengantarkan Portugal membungkam Slovakia 3-2 pada laga ketujuh penyisihan Grup J Kualifikasi Euro 2024, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB.

Dalam laga yang digelar di Stadion do Dragao, Porto, tersebut, Ronaldo menyumbang dua gol. Dengan tambahan dua gol ini, Ronaldo tercatat telah mencetak 125 gol sejak melakoni debut bersama bersama timnas Portugal pada 2003 silam.

Baca Juga

Koleksi 125 gol itu pun sekaligus memantapkan posisi Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah di level internasional. Sebelumnya, pada Juni 2021 silam, bintang Al Nassr itu memecahkan rekor miliki striker legendaris timnas Iran, Ali Daei, yang mencetak 109 gol. 

Selain pemain tersubur di level internasional, Ronaldo juga tercatat menjadi top skorer sepanjang masa timnas Portugal. Rekor ini kemudian dilengkapi Ronaldo dengan pemain dengan koleksi caps terbanyak timnas Portugal. 

Mantan bintang Manchester United telah 202 kali tampil membela Portugal di berbagai kompetisi level internasional. Sebelum tampil di laga kontra Slovakia, Ronaldo mendapatkan plakat penghargaan dari Federasi Sepak Bola Portugal atas capaiannya tersebut.

"Penyerang tersebut terus melanjutan torehan sejarah buat negaranya dan mendapatkan penghargaan setelah mencatatkan lebih dari 200 penampilan bersama timnas Portugal," tulis laporan Daily Mail, Sabtu (14/10/2023).

Kemenangan atas Slovakia itu sekaligus mengantarkan Portugal memastikan satu tempat di putaran final Euro 2024. Dengan koleksi 21 poin dari tujuh pertandingan, raihan poin Portugal tidak akan mampu dikejar oleh para pesaingnya di sisa tiga laga terakhir penyisihan Grup J.

Portugal dipastikan akan mengakhiri babak kualifikasi Euro 2024 di posisi teratas klasemen akhir Grup J. Dengan keberhasilan Portugal melangkah ke putaran final Euro 2024, yang bakal digelar di Jerman, Ronaldo pun berpeluang kembali menorehkan rekor anyar bersama Timnas Portugal dan di pentas sepak bola Eropa.

Apabila terpilih masuk skuad Portugal di putaran final Euro 2024, Ronaldo akan menjadi pemain pertama yang mampu tampil di enam edisi putaran final Euro secara beruntun. Saat ini, Ronaldo tidak pernah absen membela Portugal di gelaran Euro sejak 2004 hingga 2020. 

Prestasi terbaik eks bintang Juventus itu di turnamen paling bergengsi antarnegara Eropa itu adalah saat membawa Portugal merengkuh trofi Euro 2016. Hingga saat ini, Ronaldo masih berbagi tempat dengan mantan penjaga gawang timnas Spanyol, Iker Cassilas, sebagai pemain yang paling sering tampil di putaran final Euro, sebanyak lima edisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement