Sabtu 14 Oct 2023 18:43 WIB

Marselino Ferdinan Butuh Perawatan Lanjutan, tak Diboyong Pelatih Shin Tae-yong ke Brunei

Marselino menjalani pemulihan hamstring di Jakarta.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (kiri)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan menjalani laga tandang malawan tuan rumah Brunei Darussalam pada leg kedua babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Hasanal Bolkiah, Selasa (17/10/2023). Agar persiapan laga kedua lebih matang lagi, skuad asuhan Shin Tae-yong ini berangkat ke Bandar Sri Begawan lebih cepat.

Namun, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak membawa gelandang serang andalannya Marselino Ferdinan. Pemain yang merumput bersama klub Belgia, Deinze, ini tidak dibawa karena cederanya masih membutuhkan perawatan lanjutan.

Baca Juga

"Ini murni soal kesehatan karena cedera hamstring Marselino butuh waktu untuk pemulihan. Itu sebabnya, lebih baik tidak dibawa ke Bandar Sri Begawan dan akan fokus untuk menjalani pemulihan di Jakarta," kata Head of Medical, Physiotherapy, dan Doping dokter Syarif Alwi dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (14/10/2023).

Shin Tae-yong memahami hal itu dan membolehkan Marselino untuk menjalani lanjutan proses pemulihan di Jakarta. "Dia masih cedera, jadi untuk jaga kondisi pemain yang bersangkutan, saya tidak membawanya," kata Shin. 

Namun, dua pemain lainnya, yakni Edo Febriansyah dan striker Rafael Struick tetap dibawa karena cederanya lebih ringan dan amat mungkin bisa dimainkan pada laga kedua. Dengan absennya Marselino, otomatis hanya 25 pemain yang tersisa. Meskipun demikian, pelatih asal Korea Selatan itu tetap optimismis Indonesia bisa kembali menaklukkan Brunei.

Skuad Garuda pun langsung menggelar latihan perdana pada Sabtu (14/10/2023) di Stadion Padang dan Belapan, Kompleks Olahraga Bandar Seri Begawan. Shin mengatakan, latihan perdana ini fokus pada pemulihan fisik. 

"Hari ini fokusnya lebih ke latihan pemulihan dan massage terapi, jadi lebih ke istirahat dan pemulihan kondisi, setelah perjalanan pindah dari Jakarta ke Brunei. Kondisi pemain sangat baik, saya berharap mereka bisa menjaga kondisinya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement