Senin 16 Oct 2023 16:44 WIB

Bismillah dari Tanah Brunei, Ambisi Timnas Indonesia Mendobrak Piala Dunia 2026

Kini Indonesia menatap fase yang lebih berat.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) bersama Witan Sulaeman (kanan) melakukan sujud sukur usai berhasil mencetak gol saat bertanding melawan timnas Brunei Darussalam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/2023). Timnas Indoneaia berhasil menang melawan timnas Brunei Darussalam dengan skor 6-0 yang dihasilkan oleh gol hatrick  Dimas Drajad, dua gol oleh Ramadhan Sananta dan satu gol dari Rizky Ridho.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) bersama Witan Sulaeman (kanan) melakukan sujud sukur usai berhasil mencetak gol saat bertanding melawan timnas Brunei Darussalam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/2023). Timnas Indoneaia berhasil menang melawan timnas Brunei Darussalam dengan skor 6-0 yang dihasilkan oleh gol hatrick Dimas Drajad, dua gol oleh Ramadhan Sananta dan satu gol dari Rizky Ridho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia bakal mendapatkan lawan yang sulit pada putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tergabung di Grup F Skuad Merah Putih nantinya berjumpa timnas Irak, Vietnam dan Filipina.

Timnas Indonesia sebelumnya mampu menghancurkan Brunei Darussalam dengan skor telak 6-0 pada leg satu fase pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK).

Baca Juga

Keberhasilan skuad Shin Tae-yong melumat Brunei jelas menguntungkan. Meski pun akan kembali melawan Brunei di Stadion Hassanal Bolkiah 17 Oktober 2023 nanti. Indonesia kini sangat difavoritkan.

Apabila benar-benar menyingkirkan Brunei. Indonesia, berhak melaju ke babak kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pada babak ini ada 36 tim yang berlaga, dibagi menjadi sembilan grup.

Dimas Drajat dan kawan-kawan diprediksi akan tergabung di Grup F pada ronde kedua. Bakal calon lawan yang akan mereka hadapi bisa dikatakan cukup sulit dengan timnas Irak merupakan kandidat kuat tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia.

Sedangkan dua calon lawan lain Garuda Merah Putih yaitu sama-sama asal Asia Tenggara, Vietnam, sang seteru abadi Indonesia serta Filipina.

Untuk bisa melaju ke putaran ketiga sekaligus membuka peluang ke Piala Dunia 2026 Indonesia setidaknya harus finis sebagai runner-up di fase grup.

Armada Shin Tae-yong dinilai harus berjibaku pun bekerja keras sampai titik darah penghabisan demi bersaing dengan ketiga tim tersebut. Pasalnya, Indonesia berada di rangking terendah (147) klasemen FIFA.

Menarik menyaksikan peluang timnas Indonesia berlaga di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Irak tentu bakal jadi lawan yang sulit, tetapi masyarakat berharap Ricky Kambuaya dan kolega dapat memaksimalkan raihan poin di dua laga versus Vietnam serta Filipina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement