Senin 16 Oct 2023 18:50 WIB

Satria Muda Dapatkan Pemain Berdarah Indonesia-Filipina

Karl Patrick Gloria sebelumnya berstatus sebagai pemain RANS PIK Basketball.

 Karl Patrick Gloria Utiarahman bergabung ke Satria Muda Pertamina Jakarta.
Foto: Antara/IBL
Karl Patrick Gloria Utiarahman bergabung ke Satria Muda Pertamina Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satria Muda (SM) Pertamina Jakarta mendapatkan pemain berdarah Indonesia-Filipina, yakni Karl Patrick Gloria Utiarahman yang sebelumnya berstatus sebagai pemain RANS PIK Basketball. Karl Patrick yang merupakan penduduk asal Kota Bitung tersebut sebelumnya memang berstatus pemain RANS PIK Basketball, tetapi ia lebih sering menghabiskan musim regulernya dengan bermain bersama tim Indonesia Patriots besutan Perbasi.

Mengutip laman resmi IBL di Jakarta, Senin (16/10/2023), Karl lahir dan besar di Filipina selama 19 tahun. Ibunya penduduk asli Bitung, sedangkan ayahnya berdarah Filipina. Karl sama seperti Fernando Manansang namanya melambung saat masih berkompetisi di DBL Indonesia.

Baca Juga

Karl pindah dan mengurus kependudukan di Kota Bitung pada tahun 2022. Sementara itu, ia dipanggil oleh Coach Milos Pejic yang menangani Indonesia Patriots pada musim 2023. Akan tetapi, Karl tetap tercatat sebagai pemain RANS PIK Basketball.

Tim Indonesia Patriots merupakan klub besutan PP Perbasi yang ikut berkompetisi di ajang liga bola basket Tanah Air Indonesia Basketball League (IBL). Indonesia Patriots dibentuk untuk merekrut pemain-pemain muda berbakat yang berpotensi memperkuat timnas basket Indonesia.

Meskipun bersaing di papan klasemen bersama 15 klub IBL lainnya, Indonesia Patriots tidak akan mengikuti babak play-off IBL untuk memperebutkan titel juara. Selama membela Patriots dalam 30 pertandingan, Karl mampu mencetak 6,5 poin per gim, 3,6 rebound per gim, dan 1,5 assist per gim dengan menit bermain 24,6 menit per gim.

Lantaran sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati, Patriots tidak akan tampil di babak playoff, maka Karl kembali ke RANS saat musim reguler usai. Dia membantu RANS dalam tiga laga pertandingan babak playoff dengan catatan 4,3 ppg, dan 2,7 rpg selama 11,7 menit per gim.

Menambahkan Karl memang tidak akan berdampak langsung pada skuad Satria Muda. Karena komposisi tim SM sudah lengkap. Namun penting untuk Satria Muda menyiapkan regenerasi. Satria Muda memang selalu menyiapkan pemain-pemain muda yang potensial, sebelum para pemain senior meninggalkan tim tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement