Selasa 17 Oct 2023 13:09 WIB

Nagelsmann Ungkap Rencana Rotasi Pemain Timnas Jerman di Laga Vs Meksiko

Selain di lini belakang, Nagelsmann juga akan melakukan rotasi di lini tengah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Jerman, Julian Nagelsmann.
Foto: AP Photo/Michael Probst
Pelatih timnas Jerman, Julian Nagelsmann.

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA -- Julian Nagelsmann mengawali kiprah sebagai pelatih timnas Jerman dengan catatan manis. Die Mannschaft sukses membungkam Amerika Serikat (AS), 3-1, di laga uji coba, Ahad (15/10/2023) waktu setempat.

Jerman pun menatap laga kedua dalam tur ke Amerika Serikat dengan menghadapi Meksiko, Rabu (18/10/2023) pagi WIB. Laga uji coba itu rencananya akan digelar di Stadion Lincoln Financial Field, Philadelphia.

Baca Juga

Kendati Die Mannschaft berhasil memetik kemenangan di laga kontra Amerika Serikat, Nagelsman mengaku akan tetap merombak starting line-up di skuad Die Mannschaft di laga kontra Meksiko.

''Kami akan melakukan beberapa perubahan di laga menghadapi Meksiko. Saya ingin melihat semua pemain di tim ini berada dalam kondisi siap tampil di sebuah laga, tidak hanya di sesi latihan. Semua pemain harus bisa mendapatkan kesempatan,'' kata Nagelsmann seperti dilansir laman resmi Bundesliga, Rabu (17/10/2023).

Berdasarkan lansiran Kicker, eks pelatih Bayern Muenchen itu kemungkinan besar akan memberikan kesempatan pada David Raum untuk tampil sebagai starter di posisi bek kiri di laga kontra Meksiko. Raum akan diplot menggantikan Robin Gosens. Demikian pula dengan kemungkinan mengganti Matt Hummels dan Nicklas Sule dengan Malick Thiaw dan Jonathan Tah di jantung pertahanan.

Selain di lini belakang, Nagelsmann juga akan melakukan rotasi di lini tengah. Kai Havertz dan Julian Brandt bisa tampil sebagai starter di laga kontra Meksiko. Begitu pula dengan kemungkinan buat Leon Goretzka menggantikan Pascal Gross. Di lini serang, Thomas Mueller bisa memberikan posisinya buat Nicklas Fullkrug.

Secara khusus, Nagelsman menilai, Meksiko akan memberikan tantangan berbeda dibanding Amerika Serikat. Menurut pelatih berusia 36 tahun itu, El Tri, julukan Meksiko, lebih cepat dalam membangun serangan dan lebih agresif dalam duel satu lawan satu dibanding Amerika Serikat.

''Jadi, kami akan menghadapi lawan dengan struktur permainan yang berbeda dibanding sebelumnya. Namun, menghadapi dua tim dengan gaya permainan berbeda justru memberikan dampak positif buat perkembangan tim ini," kata Nagelsmann.

Pelatih yang dipercaya menggantikan Hansi Flick itu memiliki tugas yang cukup berat. Eks pelatih RB Leipzig itu diharapkan bisa membawa Die Mannschaft tampil maksimal di putaran final Euro 2024. Harapan ini pun tidak terlepas dengan status Jerman sebagai tuan rumah edisi ke-17 turnamen sepak bola paling bergengsi antara negara Eropa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement