Selasa 17 Oct 2023 15:33 WIB

Penjualan MU: Mundurnya Sheikh Jassim, Tawaran Ratcliffe, dan Kendali yang Belum Berubah

Sheikh Jassim mengajukan penawaran untuk mengambil 100 persen kepemilikan MU.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, bankir yang meminati saham Manchester UNited
Foto:

Tertunda

Proses ini diperkirakan akan selesai musim panas lalu, yang dibuka pada bulan Juni, setelah serangkaian putaran penawaran. Tampaknya ini merupakan pertarungan langsung antara Ratcliffe dan Sheikh Jassim tentang siapa yang akan dipilih sebagai penawar yang lebih disukai. 

Namun seiring berlarut-larutnya proses tersebut, para penggemar menjadi semakin tidak sabar dan melakukan protes di luar Old Trafford, sementara nyanyian "Glazers out" sering terdengar pada pertandingan-pertandingan di stadion.

Berita tentang rencana Sheikh Jassim mundur muncul setelah berbulan-bulan diam dan ketidakpastian di sekitar proses tersebut, yang menimbulkan pertanyaan tentang apakah Glazers berniat untuk menjual.

Pada Sabtu, muncul berita bahwa Sheikh Jassim menarik diri dari proses tersebut. Meskipun nilai tawarannya belum dikonfirmasi, seseorang yang mengetahui tentang proposalnya mengatakan kepada AP bahwa jumlahnya hampir dua kali lipat dari nilai pasar MU saat ini, yaitu 3,2 miliar dollar AS atau sekira Rp 50 triliun.

Orang tersebut berbicara dengan syarat anonim karena adanya pembatasan kerahasiaan di sekitar proses tersebut.

Sementara kekhawatiran telah muncul tentang catatan hak asasi manusia Qatar dan potensi bahwa United dapat digunakan sebagai proyek "pencucian uang di olahraga", para penggemar ingin melihat klub tersebut bersaing dengan rival sekota Manchester City yang didukung oleh Abu Dhabi.

Ratcliffe adalah salah satu orang terkaya di Inggris dan disebut-sebut memiliki kekayaan senilai 15,1 miliar dollar AS atau sekira Rp 237 triliun.

Dia sebelumnya mencoba membeli klub Liga Premier Chelsea dan telah memiliki klub Prancis Nice, waralaba bersepeda Team INEOS, merupakan pemegang sepertiga saham tim Formula Satu Mercedes-AMG Petronas dan berkompetisi di America's Cup dengan tim layar INEOS Britannia.

Laporan-laporan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement