Rabu 18 Oct 2023 04:57 WIB

Inggris 'Gebuk' Italia di Wembley, Amankan Tiket ke Euro 2024

Inggris mengalahkan Italia 3-1 di Stadion Wembley lewat dua gol Harry Kane.

Striker Inggris Harry Kane melakukan selebrasi setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola grup C kualifikasi Euro 2024 antara Inggris dan Italia di Wembley, di London, pada Rabu (18/10/2023) dini hari WIB.
Foto: Glyn KIRK/AFP
Striker Inggris Harry Kane melakukan selebrasi setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola grup C kualifikasi Euro 2024 antara Inggris dan Italia di Wembley, di London, pada Rabu (18/10/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris memastikan tempat mereka di Euro 2024 pada Rabu (18/10/2023) dini hari WIB saat Harry Kane mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 atas Italia di Stadion Wembley. Hasil ini menempatkan Inggris di puncak klasemen Grup C dengan nilai 16 dari enam pertandingan. Dua pertandingan tersisa tak memengaruhi posisi Inggris.

Adapun Italia kini berada di posisi ketiga dengan nilai 10 dari enam laga. Azzurri tertinggal tiga angka dari Ukraina di tempat kedua, tapi sudah menjalani tujuh laga. Ini berarti Italia akan melakoni laga hidup mati kontra Ukraina di Leverkusen untuk berebut tiket ke Jerman tahun depan mendampingi Inggris. Sebelum laga krusial itu, Italia lebih dulu menghadapi Makedonia Utara.

Baca Juga

"Lolos dari babak kualifikasi tidak pernah mudah. Terkadang kami hanya diharapkan untuk lolos ke turnamen besar, tapi kami telah melihat pada masa lalu bahwa hal itu tidak semudah kelihatannya," ujar Kane kepada Channel 4. "Kami tertinggal 1-0 dan tetap tenang. Kami tahu kami dapat meraih kemenangan dan kami telah melakukannya."

Inggris memulai pertandingan dengan baik di kandang sendiri. Namun skuad asuhan Gareth Southgate dikejutkan pada menit ke-15 oleh sebuah serangan cepat dari Italia yang diakhiri oleh Gianluca Scamacca. Ia mencetak gol internasional pertamanya untuk Italia setelah menerima umpan silang dari Giovanni Di Lorenzo.

Namun tim tuan rumah menyamakan kedudukan pada menit ke-32 setelah Kane mencetak gol melalui tendangan penalti ke pojok gawang. Penalti diberikan karena Jude Bellingham dilanggar di dalam kotak penalti Italia.

Inggris hanya membutuhkan satu poin untuk lolos, tapi berhasil membalikkan keadaan 12 menit setelah babak kedua dimulai. Bellingham merebut bola di lini tengah memberi umpan kepada Marcus Rashford, yang memotong ke dalam dan melepaskan tendangan untuk menaklukkan Gianluigi Donnarumma.

Kane membuat Italia makin merana lewat golnya pada menit ke-77. Ia menusuk lini pertahanan Italia dan mencetak gol pada menit ke-61 untuk Inggris.

Klasemen Grup C Kualifikasi Euro 2024 (main, menang, seri kalah, memasukkan, kemasukan, poin)

Inggris                6 5 1 0 19  3 16 -- Lolos peringkat 1 grup

Ukraina               7 4 1 2 11  8 13

Italia                  6 3 1 2 11  7 10

Makedonia Utara  6 2 1 3  7 14  7

Malta                  7 0 0 7  2 18  0

 

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement