Rabu 18 Oct 2023 09:19 WIB

Permalukan Italia di Wembley, Inggris Salah Satu Raja Kualifikasi Lebih dari 2 Dekade

Selama 24 tahun bertarung di kualifikasi, Inggris baru sekali kalah pada 2019.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.
Foto: AP/Abbie Parr
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tim nasional (timnas) Inggris kembali membuktikan diri sebagai salah satu raja kualifikasi ke turnamen besar. Teranyar, Inggris unggul 3-1 atas Italia di Stadion Wembley, London, Rabu (18/10/2023) dini hari WIB.

Itu membuat the Three Lions tak terkalahkan dalam enam pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2024 di Grup C. Sebanyak lima di antaranya berhasil dimenangkan. Skuad polesan Gareth Southgate meraih tiket ke Jerman.

Baca Juga

Dalam 24 tahun bertarung di kualifikasi, Inggris baru sekali mengalami kekalahan. Kekalahan tersebut terjadi pada 2019 lalu. Saat itu, Harry Kane dan rekan-rekan takluk 1-2 dari Republik Ceska.

"Kami harus terus membangun. Masih banyak yang bisa diraih dari tim ini. Ini grup kualifikasi yang paling sulit karena adanya unggulan," kata pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, dikutip dari BBC, Rabu (18/10/2023).

Inggris tergabung dengan Italia sebagai juara bertahan Euro. Lalu ada Ukraina, Makedonia Utara, serta Malta. The Three Lions melaju mulus.

Banyak yang melihat, segalanya mudah bagi Jude Bellingham dkk. Tapi sebenarnya tidak. Ini semua karena kerja keras pasukan Southgate.

Sang arsitek tim memuji para pemain. Intinya, perjalanan Inggris lancar dan mulus, bukan karena lawan tidak berkualitas. Tapi karena Inggris yang terus berkembang.

"Kami berada di salah satu grup yang paling sulit. Anda melihat dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah negara besar, tidak lolos ke turnamen besar," ujar Southgate.

Kendati telah meraih satu tempat di Euro 2024, timnas Inggris enggan berpuas diri. Southgate memastikan itu. The Three Lions memiliki dua partai tersisa.

Tak ada waktu bersantai. Southgate siap menginstruksikan anak asuhnya untuk mengejar kemenangan. Berikutnya, pasukan Tiga Singa jumpa Malta dan Macedonia Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement