Rabu 18 Oct 2023 10:15 WIB

Spalletti: Italia tak Pantas Kalah dengan Selisih Dua Gol dari Inggris

Spalletti melihat Italia beberapa kali melakukan kesalahan yang bisa dihindari.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti.
Foto: AP Photo/Boris Grdanoski
Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tim nasional (timnas) Italia mendapat hasil negatif saat bertemu tuan rumah Inggris dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2024. Gli Azzurri takluk 1-3 dari the Three Lions di Stadion Wembley, London, Rabu (18/10/2023) dini hari WIB.

Pelatih Italia, Luciano Spalletti, bereaksi. Jelas, ia kecewa berat. Ia merasa pasukannya tidak pantas mendapatkan kekalahan seperti itu.

Baca Juga

Spalletti sulit untuk menerimanya. Ia melihat Domenico Berardi dan rekan-rekan beberapa kali melakukan kesalahan yang bisa dihindari. Akibatnya fatal.

"Tapi juga menciptakan banyak peluang, dan seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol," kata eks allenatore Napoli ini dalam konferensi pers, dikutip dari Football Italia.

Spalletti mengakui Inggris tampil efektif. Terutama pada babak kedua. Tuan rumah memberi masalah bagi pertahanan kubu tamu dan bisa mencetak dua gol tambahan.

Spalletti berpendapat pasukannya melakukan dengan baik hampir di sepanjang pertandingan. Sayangnya, ketika mendapat tekanan, Italia bertahan terlalu dalam. Itu membuat lawan, leluasa menyerang.

"Sungguh mengecewakan, karena kami tidak pantas kalah dengan selisih dua gol," ujar juru taktik kelahiran Certaldo itu.

Jelas, ada pembelajaran yang dipetik. Spalletti meminta Nicolo Barella dkk harus lebih berjuang dalam setiap perebutan bola. Kemudian cepat membuat keputusan di situasi tersebut.

Ia menegaskan, mereka takkan berhenti. Ia akan terus menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain menyerang. Kendati pada saat-saat tertentu, kubunya perlu memperkuat pertahanan. Namun itu bukan berarti, semuanya harus turun sangat jauh ke lini belakang.

"Kami harus mengembangkan apa yang kami lakukan di sebagian besar pertandingan ini, yaitu bermain terbuka dan menyerang, mencetak gol saat kami menciptakan peluang. Kami tidak boleh mengubah pendekatan itu," ujar Spalletti.

Hasil ini membuat Italia turun ke posisi ketiga klasemen sementara Grup C. Dengan mengantongi 10 poin, Gli Azzurri tertinggal tiga poin di belakang Ukraina di urutan kedua. Inggris di singgasana.

The Three Lions sudah meraih tiket Euro 2024 di Jerman. Anak asuh Gareth Southgate terus membuktikan diri sebagai salah satu raja kualifikasi menuju turnamen besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement