Rabu 18 Oct 2023 11:28 WIB

Lanjutkan Kemenangan, Argentina Nyaman di Puncak Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026

Argentina menorehkan kemenangan beruntun di empat laga kualifikasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Argentina Lionel Messi (kanan) menggiring bola dalam laga vs Peru di babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Rabu (18/10/2023) pagi WIB.
Foto: EPA-EFE/Paolo Aguilar
Bintang timnas Argentina Lionel Messi (kanan) menggiring bola dalam laga vs Peru di babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Rabu (18/10/2023) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA -- Argentina masih belum terbendung di babak kualifikasi Piala Dunia 2023 Zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Juara bertahan Piala Dunia tersebut terus melanjutkan tren positif performa dengan menundukkan Peru, 2-0, Rabu (18/10/2023) pagi WIB.

Argentina melawat ke markas Peru, Stadion Nacional, pada laga keempat babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan. Sempat mendapatkan perlawanan sengit dari tim tuan rumah, Argentina akhirnya bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-32.

Baca Juga

Adalah bintang sekaligus kapten timnas Argentina, Lionel Messi, yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-32. Pemain dengan koleksi gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) terbanyak sepanjang sejarah itu menyambar bola hasil umpan tarik Nicolas Gonzalez dari sisi kanan pertahanan Peru.

Bola hasil sepakan kaki kiri Messi itu bersarang mulus di sebelah kiri gawang tim tuan rumah. Tidak berhenti sampai di situ, Messi juga menambah keunggulan Albiceleste, tepatnya pada menit ke-42. Dengan proses yang nyaris sama dengan gol pertama, pemain berusia 36 tahun itu mencetak gol kedua di laga ini.

Kali ini, pemain berjuluk La Pulga itu memanfaatkan umpan dari Enzo Fernandez. Dengan tambahan dua gol di laga ini, Messi menajamkan rekornya sebagai pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah timnas Argentina. Messi tercatat sudah mengemas 106 gol dari 177 penampilan di semua ajang bersama Albiceleste.

Kemenangan ini sekaligus membawa Argentina melanjutkan tren positif di babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Argentina tercatat menorehkan kemenangan beruntun di empat laga dengan mencetak total tujuh gol dan tidak pernah kebobolan satu gol pun. Argentina pun memimpin klasemen sementara dengan torehan poin sempurna, 12 dari empat laga.

Tim besutan Lionel Scaloni itu unggul lima poin dari Uruguay, yang duduk di peringkat kedua. Selain itu, Argentina juga mengantongi keunggulan lima poin dari rival terbesarnya di kawasan Amerika Selatan, Brasil, yang harus puas turun ke peringkat ketiga setelah menelan kekalahan, 0-2, dari Uruguay di laga keempat.

Nantinya, enam posisi teratas klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan berhak melangkah langsung ke putaran final Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat ketujuh di klasemen akhir akan melakoni laga play-off interkonfederasi untuk memperebutkan satu tiket terakhir di putaran final Piala Dunia 2026.

Tidak hanya soal keberhasilan memimpin klasemen sementara dengan keunggulan lima poin, kemenangan atas Peru ini juga memperpanjang rekor impresif Albiceleste. Sejak menelan kekalahan, 1-2, dari Arab Saudi di penyisihan grup Piala Dunia 2022, Argentina tidak pernah tersentuh kekalahan di semua ajang.

Secara keseruhan, Argentina tidak tersentuh kekalahan di 14 laga terakhir secara beruntun, termasuk torehan kemenangan beruntun di tujuh laga terakhir. Catatan penampilan ini kian impresif lantaran Argentina tidak pernah kebobolan dalam tujuh laga terakhir di semua ajang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement