Kamis 19 Oct 2023 01:06 WIB
...

Mengintip Kans Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dua laga pembuka dinilai bisa menjadi kunci utama dalam mengintip peluang Indonesia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain saat sesi latihan belum lama ini.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain saat sesi latihan belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia tampil begitu dominan kala menyingkirkan Brunei Darussalam di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Keberhasilan mencetak total 12 gol dan tanpa kebobolan satu gol pun di dua kali pertemuan dengan Brunei Darussalam rasanya sudah cukup menggambarkan dominasi tim Garuda tersebut.

Dengan gelontoran 12 gol dan tanpa kebobolan sama sekali, Indonesia menjadi tim tersubur dari 20 tim di putaran pertama. Tim besutan Shin Tae-yong itu melaju dengan begitu meyakinkan ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Baca Juga

Kendati begitu, di putaran kedua, tim Garuda baru benar-benar menghadapi tantangan sesungguhnya dalam upaya menjaga mimpi tampil di putaran final Piala Dunia 2026. Indonesia akan bergabung dengan satu tim asal Timur Tengah, Irak, dan dua tim asal Asia Tenggara, Vietnam dan Filipina, di penyisihan Grup F.

Meski kerap dianggap tipis, peluang Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga akan selalu ada. Peluang ini rasanya akan semakin besar apabila tim Garuda bisa memaksimalkan raihan poin di dua laga pembuka penyisihan Grup F, tepatnya saat melawat ke kandang Irak pada 16 November dan menjamu Filipina pada 21 November 2023. Dua laga pembuka dinilai bisa menjadi kunci utama dalam mengintip peluang Indonesia melaju ke putaran ketiga.

Tim Garuda bisa dibilang mengawali kiprah di putaran kedua dengan skenario terburuk, bertandang ke markas Irak. Tanpa bermaksud meremehkan kekuatan Filipina dan Vietnam, tim berjuluk Lions of Mesopotamia itu merupakan kandidat terkuat juara Grup F sekaligus menjadi lawan terkuat Indonesia di putaran kedua.

Irak, yang menempati peringkat ke-69 FIFA, bakal melakoni laga pembuka penyisihan Grup F dengan kepercayaan diri tinggi. Pengoleksi satu trofi Piala Asia itu tidak tersentuh kekalahan di empat laga terakhir. Terakhir kali Irak menelan kekalahan adalah saat harus mengakui keunggulan Rusia dan Kolombia di laga uji coba, akhir Maret dan awal Juni 2023.

Total, dari 11 laga pada sepanjang 2023, The Lions of Mesopotamia itu hanya menelan dua kekalahan dan memetik empat kemenangan, termasuk saat membungkam Oman, 3-2, di partai final Piala Teluk, pertengahan Januari 2023. Kemenangan atas Oman itu pun memperpanjang rekor apik Irak kala tampil di depan pendukung sendiri.

Di lima laga kandang terakhir, Iran tidak pernah kalah dengan torehan empat kemenangan beruntun. Iran biasanya menjadikan Stadion Internasional Basra sebagai homebase. Status unggulan Irak di laga kontra Indonesia pun diperkuat dengan rekor pertemuan The Lions of Mesopotamia dengan tim Garuda.

Irak selalu berhasil memetik kemenangan di tiga duel terakhir dengan Indonesia, termasuk dengan kemenangan besar, 6-0, di ajang Asian Games 2006 di Doha, Qatar. Dengan berbagai catatan ini, tidak berlebihan apabila Indonesia digadang-gadang akan sulit untuk bisa melewati adangan Irak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement