Jumat 20 Oct 2023 18:04 WIB

Ini Jadwal Resmi Liga Voli 2023, Diadakan di Tiga Kota

Ini menjadi ajang pemanasan sebelum menuju Proliga musim yang baru.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Konferensi Pers Liga Voli Divisi Utama 2023, di Senayan City, Jakarta, Jumat (20/10/2023).
Foto: Republika/Rahmat Fajar
Konferensi Pers Liga Voli Divisi Utama 2023, di Senayan City, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga Voli Divisi Utama 2023 akan digelar di tiga tempat, yakni Tangerang, Magetan, dan Kediri. Pertandingan akan dimulai dari tanggal 6-11 November 2023 di GOR Indoor Stadium Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.

Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI Reginald Nelwan mengatakan, Livoli Divisi Utama 2023 merupakan kompetisi amatir kasta pertama. Menurutnya minat masyarakat menyaksikan pertandingan Livoli Divisi Utama juga sangat tinggi.

Baca Juga

"Ini adalah ajang pemanasan teman-teman untuk Proliga tahun depan," ujar Reginald dalam jumpa pers, di Senayan City, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Reginald mengungkapkan ada perubahan tempat dan waktu dari yang direncanakannya sebelumnya karena ketidaksiapan dan izin. Seperti dipindahkannya pertandingan dari Madiun ke Magetan. Pemilihan Magetan sebagai kota pengganti karena tidak jauh dari Madiun.

Di samping itu, kata Reginald, Magetan juga pernah menjadi tuan rumah Livoli Divisi Utama tahun lalu. Sehingga dari kesiapan Magetan dipandang akan mampu menggelar kegiatan tersebut. Pertandingan di GOR Ki Mageti dijadwalkan akan digelar pada 14-19 November 2023 pada reguler kedua.

Reginald menjelaskan sebanyak delapan tim putra dan putri akan meramaikan Livoli Divisi Utama 2023. Delapan tim putra antara lain Indomaret, BIN Pasundan, Samator, Berlian Bank Jateng, DPUPR Rafabinar Semen Grobogan, TNI AU dan dua tim promosi yakni PDAM Tirta Bhagasasi dan LavAni. Sementara delapan tim putri antara lain Bank Jatim, TNI AU, Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia Kharisma Premium, TNI AL, Popsivo Polwan, dan dua tim promosi BIN O2C, Bharata Muda.

Empat tim putra akan menempati putaran reguler 1 Pul B dan empat klub putri Pul EE. Mereka akan bertanding di GOR Indoor Stadium Kelapa Dua, Tangerang, Banten. Untuk empat tim putra yakni BIN Pasundan, TNI AU Samator dan Lavani. Sedangkan empat tim putri Pul EE adalah TNI AU, TNI AL, Kharisma dan BIN O2C.

Adapun delapan tim lainnya yang terdiri dari empat tim putra dan putri akan akan bermain di GOR Ki Mageti, Magetan. Empat tim putra Pul A antara lain Indomaret, DPUPR Grobogan, Berlian Bank Jateng dan PDAM Bekasi. Sedangkan Pul DD terdiri dari empat tim putri antara lain Bank Jatim, Popsivo, Petrokimia Gresik dan Bharata Muda.

Reginald menambahkan untuk final four dan grand final akan berlangsung di GOR Jayabaya Kediri pads 1-10 Desember 2023.

Director of Moji David Setiawan Suwarto mengungkapkan animo masyarakat Indonesia menyaksikan olahraga voli sangat tinggi. Karena itu, Moji ingin menyajikan pertandingan voli kepada masyarakat yang bisa disaksikan tanpa harus ke lapangan.

"Mungkin ini olahraga kedua paling banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia," kata David.

Ia menegaskan bola voli merupakan olahraga yang merakyat. Karena itu banyak klub-klub voli berkembang di kampung-kampung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement