Jumat 20 Oct 2023 23:43 WIB

Meski dalam Penyelidikan Kasus Judi, Tonali Tetap Tersedia Lawan Crystal Palace

Tonali menjalani menjalani masa-masa sulit dalam beberapa pekan terakhir.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Sandro Tonali
Foto: EPA-EFE/ALEX NICODIM
Sandro Tonali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sandro Tonali masih tersedia untuk masuk dalam skuad Newcastle United dalam pertandingan Liga Primer Inggris melawan Crystal Palace di St James Park, Newcastle, Sabtu (21/10/2023), meskipun gelandang Italia itu sedang menjalani penyelidikan atas tuduhan judi ilegal. Hal itu diungkapkan oleh manajer Newcastle Eddie Howe pada Jumat (20/10/2023).

Newcastle telah mengonfirmasi bahwa Kantor Kejaksaan Italia dan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) sedang menyelidiki Tonali. Di sisi lain, pemain yang bersangkutan belum berkomentar secara publik. Namun Howe mengatakan Tonali tetap berlatih dan siap untuk pertandingan Liga Primer melawan Crystal Palace. 

Baca Juga

"Dia berlatih dua kali pekan ini bersama kami dan dia sangat siap untuk dipilih. Seperti yang saya lakukan terhadap semua pemain, saya menganalisis performa latihan mereka, penampilan mereka, dan perasaan mereka. Sandro telah berlatih dengan baik bersama kami," kata Howe dikutip Reuters, Jumat (20/10/2023).

Tonali telah berlatih dengan skuad Italia sebelum kualifikasi Euro 2024 melawan Malta dan Inggris, tetapi diberi izin untuk pergi setelah ada kabar penyelidikan. Menurut Howe, pemain berusia 23 tahun itu menjalani masa-masa sulit dalam beberapa pekan terakhir. 

"Dia telah menghadapi banyak hal dan dari apa yang saya lihat dia menangani dirinya sendiri dengan sangat baik dan dia menangani emosinya dengan sangat kuat, namun di balik itu saya yakin ada banyak hal yang terjadi. Saya harus menelepon, tapi saya selalu membawanya kembali ke sepak bola," ujarnya. 

Howe mengaku sangat bersimpati terhadap apa yang dialami Tonali. "Sangat mudah bagi orang untuk melupakan betapa mudanya dia dan perubahan yang dia alami dalam hidupnya mulai dari Italia hingga Inggris. Itu cukup sulit untuk dihadapi dan sekarang dia mengalami situasi ini," kata dia. 

“Kita semua mempunyai kerentanan, kelemahan, hal-hal yang terjadi dalam hidup kita yang bisa jadi sulit jadi hal utama adalah kita mengidentifikasinya, mendukung pemain seperti yang selalu kita lakukan, mencoba dan membantu mereka mencapai level terbaiknya di lapangan," ujarnya menambahkan. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement