Sabtu 21 Oct 2023 20:49 WIB

Borong 2 Gol, Mohamed Salah Jadi Pentu Kemenangan Liverpool Vs Everton

Kemenangan itu mengantar Liverpool menduduki puncak klasemen Liga Primer Inggris.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Liverpool Mohamed Salah berselebrasi setelah mencetak gol di pentas Liga Primer Inggris.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Penyerang Liverpool Mohamed Salah berselebrasi setelah mencetak gol di pentas Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Liverpool memenangkan laga derbi Merseyside melawan Everton dengan skor 2-0 di Stadion Anfield, Sabtu (21/10/2023) malam WIB. Mohamed Salah memborong dua gol kemenangan sekaligus membawa Liverpool menduduki puncak klasemen Liga Primer Inggris.

Everton mendapatkan peluang pertama ketika pertandingan baru berjalan tiga menit melalui Calvert-Lewin. Ia menyambut umpan silang McNeil, namun sundulan Calvert-Lewin melenceng di atas mistar.

Baca Juga

Liverpool lebih mendominasi permainan dan tekanan. Akibatnya the Reds menciptakan banyak peluang. Pada menit kesembilan tembakan Diogo Jota yang mengarah ke arah kiri gawang berhasil diblok.

Tiga menit berselang, giliran tembakan Luis Diaz yang diblok. Everton juga mencoba memberikan tekanan ke pertahanan the Reds. Tetapi tidak kunjung berhasil karena rapatnya pertahanan tuan rumah.

Pada menit ke-25, Everton memiliki peluang dari Amadou Onana. Namun tembakannya meleset ke kiri gawang. Satu menit berselang Mohamed Salah mengancam gawang Jordan Picford tetapi tembakannya melebar ke sisi kiri.

Everton harus bermain dengan 10 pemain setelah Ashley Young mendapatkan kartu merah setelah mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-36. Unggul jumlah pemain membuat Liverpool kian nyaman memberikan tekanan.

Pada menit ke-38, Liverpool nyaris unggul melalui Virgil van Dijk. Namun sundulannya diblok ketika menyambut umpan silang Alexander-Arnold. Meski unggul jumlah pemain Liverpool gagal mencetak gol dan skor bertahan 0-0 di babak pertama.

Everton melalukan pergantian ketika babak kedua. Tim tamu menarik penyerang Dwight McNeil dan digantikan bek Nathan Patterson. Perubahan itu dilakukan untuk memperkuat pertahanan setelah Young dikartu merah pada babak pertama.

Tuan rumah kian nyaman menekan Everton. Namun The Toffes juga semakin bertahan karena hanya bermain dengan 10 pemain. Pada menit ke-51, Salah nyaris mencetak gol ketika tembakannya diblok. Satu menit berselang tembakan kaki kanan Alexander-Arnold diblok pemain Everton.

Kesulitan mencetak gol, Liverpool melakukan penyegaran dengan memasukkan Darwin Nunez menggantikan Kostas Tsimikas dan Haevey Elliot menggantikan Ryan Gravenberch.

Liverpool baru unggul 1-0 pada menit ke-75 melalui titik putih yang dicetak Mohamed Salah. Hadiah penalti itu karena Michael Keane handball. Liverpool menutup laga dengan kemenangan 2-0 setelah Salah mencetak gol keduanya di menit ke-90+6.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement