Ahad 22 Oct 2023 07:55 WIB

Van Dijk Angkat Jempol untuk Kualitas Operan Alexander-Arnold

Umpan silang Alexander-Arnold nyaris selalu timbulkan masalah bagi pertahanan lawan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pemain sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pemain sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, mengagumi kemampuan Trent Alexander-Arnold dalam melakukan operan. Ini sesuatu yang jarang disorot.

Dalam sebuah wawancara, Van Dijk mendapat pertanyaan, siapa pengumpan terbaik di the Reds? Palang pintu asal Belanda itu menyebut Alaxander-Arnold.

Baca Juga

Selama ini, Arnold lebih terkenal dengan kecepatan dan akselerasi menyerang. Bek sayap 25 tahun itu kerap mendapat kritik terkait kualitas bertahannya. Menurut Van Dijk, cara rekan setimnya itu menguasai dan mengoper bola sungguh luar biasa.

Itu terjadi secara konsisten. Umpan silangnya nyaris selalu menimbulkan masalah bagi pertahanan lawan. Pun kemampuannya ketika mengeksekusi bola mati.

"Trent pengumpan yang sangat baik. Saya pikir dia salah satu pemberi umpan yang underrated di liga ini," kata Van Dijk, dikutip dari tbrfootball.com, Ahad (22/10/2023).

Sang kapten menegaskan, rekannya itu layak mendapat pujian. Seringkali orang hanya terfokus pada sisi negatif. Sehingga Alexander-Arnold menjadi sasaran kritik.

Faktanya, Arnold tidak seburuk yang dibayangkan. Angka di lapangan berbicara sendiri. Sosok bernomor punggung 66 itu sudah menjadi salah satu pemimpin di Merseyside Merah.

"Dia pemain hebat, dan daripada hanya fokus pada apa yang dia lakukan di sepertiga lapangan, orang-orang harus mulai memuji kualitasnya saat dia menguasai bola," ujar Van Dijk.

Liverpool baru saja bertemu Everton dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2023/24. The Reds bertindak sebagai tuan rumah pada partai bertajuk Derby Merseyside ini. Anak asuh Jurgen Klopp unggul 2-0 atas the Toffees di Stadion Anfield, Sabtu (21/10/2023) malam WIB.

Van Dijk dan Arnold bermain penuh di pertandingan ini. Hasil demikian membuat the Reds nyaman di papan atas tabel klasifika. Mohamed Salah dkk, mengantongi 20 poin dari sembilan laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement