Senin 23 Oct 2023 16:04 WIB

Guiu Kehabisan Kata-kata Usai Cetak Gol Kemenangan Kurang dari 1 Menit Bermain

Guiu mencetak gol hanya dalam 23 detik setelah debutnya untuk Barcelona.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Marc Guiu dari Barcelona merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol debut pada laga La Liga Spanyol antara Barcelona dan Athletic Bilbao, Senin (23/10/2023) dini hari WIB
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Marc Guiu dari Barcelona merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol debut pada laga La Liga Spanyol antara Barcelona dan Athletic Bilbao, Senin (23/10/2023) dini hari WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marc Guiu tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah mencetak gol kemenangan dalam debutnya di Barcelona melawan Athletic Bilbao pada lanjutan La Liga Spanyol, Senin (23/10/2023) dini hari WIB, yang membuatnya mencetak sejarah. Pemain berusia 17 tahun itu mencetak gol hanya dalam 23 detik setelah debutnya untuk Barca.

Guiu masuk menggantikan Fermin Lopez pada menit ke-79 dalam pertandingan tersebut. Ia kemudian memanfaatkan umpan brilian Joao Felix dan menunjukkan ketenangan yang luar biasa untuk mengatur dirinya sebelum melepaskan bola di bawah kiper Unai Simon dan masuk ke dalam gawang.

Baca Juga

Barca bertahan untuk meraih kemenangan penting 1-0 yang membawanya hanya terpaut satu poin dari rival beratnya Real Madrid di puncak klasemen. Guiu pun hampir kehilangan kata-kata ketika berbicara kepada wartawan setelah pertandingan.

"Saya tidak percaya, saya kehabisan napas. Saya menikmati momen ini. Saya telah bekerja sepanjang hidup saya untuk mendapatkan kesempatan ini dan hasilnya sempurna," kata Guiu dikutip dari Goal.com, Senin (23/10/2023).

Menurut Opta, Guiu kini menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam debutnya untuk Barcelona di abad ke-21 dalam usia 17 tahun 291 hari.

Berbicara tentang pengaruh remaja tersebut dan kesediaannya untuk mempromosikan pemain muda dari akademi La Masia yang terkenal di Barca, pelatih kepala Barca Xavi mengaku sudah melihat potensi Guiu.

"Saya pribadi menyukai Marc Guiu. Saya selalu mengatakan bahwa saya tidak punya masalah dalam melihat pemain La Masia. Anda harus memberi mereka kepercayaan. Ketika Anda melihat bahwa anak itu sudah siap, Anda membawanya ke taman bermain," kata Xavi menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement