Senin 23 Oct 2023 17:13 WIB

Al Izhar dan SMA 70 Juara DBL Seri Jakarta Selatan

Delapan tim putra dan putri finalis seri akan bersaing di Championship Series Jakarta

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Tim putra SMA Al-Izhar Pondok Labu sukses merebut gelar Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - South Region.
Foto: dok DBL Indonesia
Tim putra SMA Al-Izhar Pondok Labu sukses merebut gelar Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - South Region.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim basket putra SMA Al-Izhar Pondok Labu dan tim putri SMA 70 tampil sebagai juara Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Seri Jakarta Selatan (South Region). Kedua tim ini ini berjaya pada final di GOR Bulungan, Sabtu, 21 Oktober 2023. 

 

Baca Juga

Penggawa Al Izhar, Fakhri Putra Afrinaldi  mengaku tak bisa mengungkapkan dengan kata-kata atas capaian musim ini. "Akhirnya semua kerja keras kami terbayar. Setelah musim lalu, kami harus menelan pil pahit langsung tersingkir pada babak pertama," ujar student-athlete kelas XII yang mengemas 14 poin dan 8 rebound pada laga final ini.

Berbeda dengan persaingan putra yang berhasil menobatkan juara baru, gelar Ratu Jaksel tetap disandang oleh sang juara bertahan, SMA 70 Jakarta atau Seventy. Sekolah yang ber-home base di Bulungan ini sukses menorehkan back-to-back champion alias dua musim beruntun mengunci gelar juara Seri Jakarta Selatan. Usai sukses menundukkan ambisi revans Teladan (SMAN 3 Jakarta), dengan keunggulan 74-31.

Kesuksesan ini sungguh luar biasa. Mengingat SMA 70 Jakarta harus berjuang tanpa pemain andalannya Maxine Maria Sutisna. Most Valuable Player (MVP) Seri DKI Jakarta musim lalu yang juga sukses menembus skuad elite DBL Indonesia All-Star 2022 ini mendapat beasiswa melanjutkan studinya di San Francisco, Amerika Serikat.

"Tanpa Maxine kami mengutamakan kerja sama tim. Meski kami kehilangan (Maxine), tapi kami bisa menutupinya dengan bermain sebagai tim," ujar Keira Ammabel Hadinoto selaku kapten tim SMAN 70 Jakarta yang berkontribusi 14 poin, 9 assist, dan 7 rebound pada laga final.

Shinta Salsabila Syifa Nugroho tampil cemerlang sebagai pendulang angka tertinggi bagi Seventy, dengan kontribusi 20 poin dan 4 rebound. Seventy juga terbantu oleh kehadiran dua rookie alias debutan kembar bersaudara putri legenda Timnas Basket Indonesia Romy Chandra yang tampil impresif. Yakni, Kamila Rara Islami yang mengemas 14 rebound dan 5 poin, serta Kayla Rara Imani dengan 11 rebound dan 6 poin.

Selain putra AIPL dan putri Seventy yang berstatus champion, dari Seri Jaksel atau South Region juga meloloskan tim putra SMAN 47 Jakarta dan putri SMAN 3 Jakarta sebagai runner-up, untuk ikut bersaing memperebutkan gelar Seri Ibu Kota pada fase bergengsi Championship Series. 

Setelah menuntaskan pelaksanaan di empat wilayah (West Region, North & Central Region, East Region, serta South Region) yang berlangsung sejak Agustus lalu. Telah didapatkan total delapan tim putra dan delapan tim putri berstatus finalis (champion dan runner-up) dari empat region. Mereka akan bersaing mengejar supremasi (champion) sebagai penguasa Seri DKI Jakarta musim ini.

"Kami senang dan bangga karena muncul kekuatan baru seperti tim putra SMA Al-Izhar Pondok Labu dan SMAN 47 Jakarta yang akan bersaing mewakili Jakarta Selatan di fase bergengsi Championship Series pada November nanti. Artinya, tingkat persaingan antarsekolah mengalami  perkembangan yang baik musim ini," ujar Donny Rahardian, Vice President DBL Indonesia.

Seperti musim-musim sebelumnya, lanjut Donny, DBL Indonesia selaku penyelenggara akan menggelar pra event menjelang fase bergengsi atau babak puncak Seri Ibu Kota. 

”Pekan depan, tepatnya tanggal 27 hingga 29 Oktober, kami akan menggelar acara Road to Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series, Kali ini kami akan gelar di Kemang Village. Selain ada sesi perkenalan tim delapan tim finalis putra dan putri dari empat region dan drawing, juga ada penampilan Top 12 DBL Dance Competition dari empat region, serta beragam keseruan lainnya. Ini sebagai pemanasan menjelang fase bergengsi (Championship Series) musim ini,” papar Donny.

Finalis Empat Region di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series

PUTRA

SMA Bukit Sion (Jakarta Barat) - champion West Region

SMA IPEKA Puri (Jakarta Barat) - runner-up West Region

SMA Jubilee (Jakarta Utara) -  champion North & Central Region

SMA Kolese Kanisius (Jakarta Pusat) - runner-up North & Central Region

SMAN 71 (Jakarta Timur) - champion East Region

SMAN 91 (Jakarta Timur) - runner-up East Region

SMA Al-Izhar Pondok Labu (Jakarta Selatan) - champion South Region

SMAN 47 (Jakarta Selatan) - runner-up South Region

PUTRI

SMAK 1 Penabur (Jakarta Barat) - champion West Region

SMA Dian Harapan (Jakarta Barat) - runner-up West Region

SMA Jubilee (Jakarta Utara) – champion North & Central Region

SMA 1 PSKD (Jakarta Pusat) – runner-up North & Central Region

SMAN 71 (Jakarta Timur) – champion East Region

SMAN 21 (Jakarta Timur) – runner-up East Region

SMAN 70 (Jakarta Selatan) – champion South Region

SMAN 3 (Jakarta Selatan) – runner-up South Region

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement