Ahad 30 Jul 2023 02:24 WIB

Putri Kriza dan Putra Buksi Pertahankan Dominasinya di DBL Seri Jakarta Barat

DBL Seri Jakarta Barat menandai dimulainya DBL musim 2023/2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Suasana final party Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Seri Jakarta Barat (West Region) di GOR Grogol, Jumat (28/7/2023).
Foto: Dok DBL
Suasana final party Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Seri Jakarta Barat (West Region) di GOR Grogol, Jumat (28/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga basket pelajar Honda DBL with Kopi Good Day 2023 telah merampungkan seri pembukanya di Ibu Kota. Digelar sejak Senin (24/7) lalu, DBL DKI Jakarta Series – West Region atau Seri Jakarta Barat mencapai puncaknya pada Jumat (28/7). Menyajikan laga puncak persaingan putra dan putri yang berlangsung sengit. Hingga akhirnya, menobatkan dua sekolah sebagai kampiun.

Dominasi Seri Jakarta Barat tetap dikuasai oleh dua sekolah yang sama-sama menjadi juara putri maupun putra seperti musim sebelumnya. Putri Kriza (sebutan SMAK 1 Penabur Jakarta) juara usai menundukkan perlawanan SMA Dian Harapan Jakarta dengan keunggulan 60-27. Ini adalah gelar juara West Region kali ketiga bagi putri Kriza, melanjutkan sukses serupa pada edisi 2022 dan 2019.

Baca Juga

Joanne Herslin Lee tampil luar biasa pada final putri ini. Guard milik Kriza itu tampil on fire dengan mencetak quadruple-double lewat kontribusi 13 poin, 13 rebound, 16 steal, dan 10 assist.

Gelar juara Kriza musim ini merupakan yang kedua bagi Joanne. Ia merasa lega bisa memberikan capaian ini bagi sekolahnya. Apalagi ini merupakan musim terakhirnya lantaran Joanne sudah duduk di bangku kelas XII.

“Keinginan kami tercapai. Momen ini akan aku ingat terus karena aku pernah menang (juara) di liga bergengsi (Honda DBL with Kopi Good Day) sampai dua kali, beruntun pula,” ujarnya.

Sementara pada final putra, Buksi (sebutan SMA Bukit Sion Jakarta) kembali menjadi juara usai menundukkan SMA IPEKA Puri Jakarta dengan skor akhir 75-35. Bagi Buksi, ini adalah gelar keempat Seri Jakarta Barat setelah sebelumnya mereka raih pada 2022, 2019, dan 2018.

Buksi memang menunjukkan permainan yang impresif di laga ini. Ryansean Bastian kuat di bawah ring dan mencetak double-double dengan torehan 16 poin plus 18 rebound. Menyusul Efrael Yerusyalom dengan catatan 24 poin. 

Ryan Emmanuel kapten Buksi bersyukur timnya bisa kembali juara di Seri Jakarta Barat. "Puji Tuhan kami masih bisa mempertahankan kemenangan di West Region. Pastinya coach bakal lakukan evaluasi lagi. Harus lebih disiplin lagi defensenya, rutin juga latihan menuju fase bergengsi Championship Series," kata Ryan.

Sebagai juara Seri Jakarta Barat, tim putra Buksi dan tim putri Kriza punya waktu cukup panjang untuk mempersiapkan diri menghadapi fase bergengsi Championship Series yang akan dilangsungkan di GOR Soemantri Brodjonegoro, 6 hingga 12 November mendatang. Hal yang sama juga berlaku bagi tim putri SMA Dian Harapan dan tim putra SMA IPEKA Puri Jakarta. Dengan status sebagai runner-up West Region, mereka tetap berhak melaju ke Championship Series. 

Setelah menyelesaikan Seri Jakarta Barat (West Region), Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Seri DKI Jakarta akan berlanjut ke tiga wilayah lainnya untuk mencari para finalis dari masing-masing. Terdekat adalah Seri Jakarta Utara-Pusat (North Central Region) yang akan berlangsung 11-18 Agustus di GOR Cempaka Putih. Dilanjutkan dengan Seri Jakarta Timur (East Region) pada 22-30 September di GOR Rawamangun. Ditutup dengan Seri Jakarta Selatan (South Region) di GOR Bulungan pada 12-20 Oktober mendatang.

Selain basket 5on5, Seri Jakarta Barat ini juga menahbiskan tim putra SMAK 1 Penabur Jakarta dan tim putri SMA Kristoforus 1 Jakarta sebagai champion Pond’s Men 3x3 Competition. Setelah di final Jumat (28/7), tim putra SMAK 1 Penabur berhasil menundukkan SMA 1 Yadika Jakarta dengan skor 6-4. Sedangkan tim putri SMA Kristoforus 1 tampil dominan dengan keunggulan 6-0 atas SMA 1 Yadika.  Para finalis putra dan putri Pond’s Men 3x3 Competition ini juga akan kembali bersaing pada Championship Series menghadapi finalis dari tiga region lainnya. 

Honda DBL with Kopi Good Day musim 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Berlangsung secara maraton, dimulai dari Seri Surabaya yang dibuka pada Jumat, 21 Juli 2023. Rangkaian panjang liga basket pelajar terbesar ini akan ditutup di Kota Kupang (Seri Nusa Tenggara Timur) pada Maret 2024 nanti.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dari pelaksanaan tiap kota, DBL Indonesia akan menyeleksi para student athlete terbaik dan pelatih terpilih untuk diikutkan pada program pelatihan basket terbaik dan terbesar di Indonesia, yang musim ini bertajuk Kopi Good Day DBL Camp sekitar April 2024 mendatang. Nantinya, akan dipilih 12 putra dan putri terbaik serta empat pelatih terpilih yang berhak menyandang sebagai anggota skuad elite Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024, dan berhak diterbangkan ke Amerika Serikat sekitar Juli 2024 mendatang. Untuk berlatih, belajar, dan bertanding negara asal cabang olahraga bola basket ini.

Jadwal Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series

West Region : 24 - 28 Juli 2023 di GOR Grogol, Jakarta Barat

North-Central Region: 11 - 18 Agustus 2023 di GOR Cempaka Putih, Jakarta Pusat

East Region: 22 - 30 September 2023 di GOR Rawamangun, Jakarta Timur

South Region: 12 - 20 Oktober 2023 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan

Championship Series: 6 - 12 November 2023 di GOR Soemantri Brodjonegoro

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement