Senin 23 Oct 2023 21:04 WIB

Alasan Hamilton dan Leclerc Didiskualifikasi F1 dari GP AS 2023

Leclerc tampil buruk padahal pembalap asal Monaco menempati pole positin.

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dari Inggris melintas saat balapan mobil Grand Prix Formula Satu AS di Sirkuit CoTA, Austin, Texas,  Amerika, Senin (23/10/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Darron Cummings
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dari Inggris melintas saat balapan mobil Grand Prix Formula Satu AS di Sirkuit CoTA, Austin, Texas, Amerika, Senin (23/10/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pembalap papan atas Lewis Hamilton dan Charles Leclerc terpaksa menelan pil pahit setelah didiskualifikasi dari balapan Formula Satu (F1) Grand Prix Amerika Serikat 2023.

Baik Hamilton dan juga rider milik Scuderia Ferrari, Leclerc dianggpa melanggar regulasi teknis yang telah dibentuk.

Baca Juga

Leclerc tampil buruk padahal pembalap asal Monaco menempati pole position. Manuvernya menurun ketika disalip oleh Lando Norris. Hasilnya, ia finis posisi keenam.

Sementara Hamilton menyajikan pertarungan yang menarik bersama rider Red Bull, Max Verstappen di Circuit of Americas, Senin (23/10/2023) dini hari tadi. Hamilton sendiri berhasil menyelesaikan lomba di posisi kedua.

Tidak lama balapan berakhir tim Mercedes dan Ferrari dipanggil oleh steward karena ada masalah saat pengecekan mobil keduanya dengan posisi plank wear tidak sesuai aturan teknis.

Sebagaimana dilansir Mirror, Senin (23/10/2023) FIA memutuskan untuk mendiskualifikasi kedua pembalap dari seri F1 GP Amerika Serikat 2023. Alhasil, Hamilton dan Leclerc tak mendapatkan poin.

Tidak tebang pilih pihak FIA juga melakukan pengecekan terhadap posisi plank wear mobil Max Verstappen dan jug Lando Norris. Tetapi, keduanya tak melanggar peraturan.

Dengan didiskualifikasinya Hamilton serta Leclerc dari balapam AS 2023 maka posisi akhir balapan berubah. Verstappen tetap menjadi yang pertama disusul Norris ditempat kedua.

Carlos Sainz dari tim Scuderia Ferrari menempati peringkat ketiga disusul Sergio Perez, George Russell posisi keempat dan kelima.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement