Selasa 24 Oct 2023 05:36 WIB

Gol Son Heung-min dan James Maddison Angkat Tottenham ke Puncak Liga Primer Inggris

Tottenham mengalahkan Fulham 2-0 dalam laga derby London.

James Maddison mencetak gol untuk Tottenham Hotspur ke gawang Fulham dalam lanjutan Liga Primer Inggris.
Foto: AFP/Glyn KIRK
James Maddison mencetak gol untuk Tottenham Hotspur ke gawang Fulham dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur melesat ke puncak klasemen Liga Primer Inggris setelah gol Son Heung-min dan James Maddison memastikan kemenangan 2-0 atas Fulham pada Selasa (24/10/2023) dini hari WIB. Tim asuhan Ange Postecoglou memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi sembilan pertandingan liga berkat gol pembuka Son dan gol perdana Maddison di Stadion Tottenham Hotspur sejak kepindahannya dari Leicester pada musim panas lalu.

Tambahan tiga poin membuat Tottenham melompati Manchester City, Arsenal dan Liverpool untuk unggul dua poin di puncak klasemen. Spurs kini mengoleksi nilai 23, belum terkalahkan dari sembilan laga. Hanya Arsenal yang juga belum tumbang di Liga Primer Inggris musim ini.

Baca Juga

Fulham satu-satunya tim yang mengalahkan Tottenham musim ini, membuat mereka tersingkir dari Piala Liga melalui adu penalti pada Agustus lalu. Namun Spurs membalas kekalahan tersebut dengan mencatatkan kemenangan liga ketiga secara beruntun untuk memperkuat peluang mereka dalam perebutan gelar juara.

Pelatih Tottenham Ange Postecoglou tak segan memberikan pujian kepada Son dan Maddison. "Mereka berdua pemain berkualitas. Mereka berdua adalah pemimpin di klub. Mereka bekerja keras untuk tim dan itu adalah sebuah penghargaan bagi mereka," kata pelatih anyar the Lilywhites ini.

Awal yang luar biasa dari klub asal London Utara di musim debut Postecoglou telah membangkitkan mimpi untuk meraih gelar juara liga pertama klub sejak Bill Nicholson pada 1961. Target ambisius itu mungkin belum terbukti bagi Tottenham yang belum pernah memenangkan trofi utama sejak 2008. Namun pelatih asal Australia ini tidak diragukan lagi telah memberikan dampak besar pada klub yang sedang dalam kekacauan saat ia tiba dari Celtic.

Kombinasi hasil minor Tottenham serta penampilan buruk di bawah Antonio Conte musim lalu, ditambah dengan kepindahan Harry Kane pada akhir musim ke Bayern Munchen, membuat banyak orang memperkirakan akan terjadi kekacauan pada tahun ini. Namun Postecoglou dengan cerdik telah membimbing Tottenham ke sisi lebih baik, memenangkan hati para peragu dengan kepribadiannya yang rendah hati dan rencana permainan menyerang kegemarannya.

"Ini adalah hasil yang bagus melawan lawan yang tangguh. Kami mempertahankan kesabaran kami dan tekanan kami sangat kuat," kata Postecoglou. Kedua gol kami tercipta dari tekanan yang kami lakukan. Pekerjaan kami tanpa bola sangat baik. Itu adalah yang terbaik sepanjang tahun dan itulah yang membuat kami meraih hasil ini," kata Postecoglou.

Kemenangan ini memberikan Postecoglou rekor poin terbanyak yang diraih oleh seorang manajer baru dalam sembilan pertandingan pertama di Liga Primer. Dengan 23 poin yang diraihnya, melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Mike Walker dan Guus Hiddink.

Tantangan Postecoglou selanjutnya adalah memastikan para pemainnya siap untuk melakukan perubahan yang cepat, dengan derby London kontra Crystal Palace yang dijadwalkan pada Sabtu (28/10/2023).

sumber : AFP
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement