Kamis 26 Oct 2023 01:10 WIB

Anthony Ginting Berjuang Kembalikan Keunggulan pada Babak 32 Besar French Open

Agar tak kehilangan fokus seperti gim kedua, Ginting melakukan sejumlah trik.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya pebulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting untuk lolos dari babak 32 besar French Open 2023 diwarnai dengan perjuangan untuk mengembalikan keunggulan setelah sempat kalah pada gim kedua, Rabu (25/10/2023). Saat menghadapi Magnus Johannesen asal Denmark, Ginting yang semula unggul pada gim pembuka justru dikalahkan pada gim kedua.

Beruntung, Ginting bisa membalikkan keadaan dan akhirnya menang rubber game 21-14, 16-21, 21-8 untuk melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga

"Dari awal sebenarnya sudah menekan, strategi dan rancangan sudah berjalan dengan baik sampai di gim kedua setelah interval. Hanya setelah itu, saya lengah dan terbawa ke pola permainan lawan yang mempercepat tempo. Itu membuat lawan bangkit dan cukup nyaman," kata Ginting melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Ginting sebenarnya berpeluang mengakhiri perlawanan Magnus dalam dua gim langsung. Sayangnya ia kehilangan fokus saat unggul 14-10, hingga akhirnya disusul oleh Magnus yang merebut tujuh poin beruntun menjadi 14-17.

Situasi tersebut tak dimungkiri membuat pemain unggulan kedua itu berbalik tertekan dan tak bisa mengembalikan keunggulan. Akhirnya Ginting harus melepas harapan menang straight games dan terpaksa meladeni permainan hingga gim ketiga.

"Di gim ketiga saya coba membalikkan lagi apa yang sudah saya mainkan di awal. Dari temponya, dari pola permainannya, tidak kalah cepat juga," Ginting menceritakan.

Agar tak kehilangan fokus seperti gim kedua, Ginting melakukan sejumlah trik agar ia tetap tenang dan tak kehilangan kontrol pukulan. Misalnya dengan berlompat-lompat atau berteriak untuk meredam ketegangan.

"Fokus sebisa mungkin terus menekan. Di gim ketiga ini pun saya menyikapinya setiap poin atau sebelum servis coba untuk loncat-loncat atau teriak-teriak biar tidak lengah lagi," kata Ginting menambahkan.

Setelah berjuang dalam 51 menit, Ginting akhirnya mampu menundukkan tunggal putra peringkat ke-31 dunia itu dalam laga yang menjadi pertemuan perdana bagi kedua pemain.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement