Jumat 27 Oct 2023 15:40 WIB

Tanpa Ragu, Xavi Ingin Messi Raih Trofi Ballon d'Or 2023

Messi bersinar bersama Argentina yang menjuarai Piala Dunia 2022 dan Inter Miami.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi.
Foto: EPA-EFE/Paolo Aguilar
Bintang timnas Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, meramaikan diskusi mengenai calon peraih gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) 2023. Xavi ingin Lionel Messi menjadi pemenangnya.

Sang entrenador mengatakan, pemikirannya dengan penuh keyakinan. Ia mengacu situasi dalam setahun belakangan. Fakta yang mendukung La Pulga, julukan Messi, finis di singgasana.

Baca Juga

"Saya berharap mereka kembali memberikan Ballon d'Or kepada Messi," kata Xavi, dikutip dari barcauniversal.com, Jumat (27/10/2023).

Leo Messi memimpin tim nasional Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022. Sebuah penantian panjang terbayar lunas. Biasanya pemain bintang dari tim juara dunia, mendapatkan Ballon d'Or.

Situasi demikian terjadi pada Ronaldo Brasil sekitar 2002 silam. Kemudian Fabio Cannavaro pada 2006. Kini Messi di atas angin.

La Pulga juga menikmati momen kebangkitan di level klub. Ia bergabung dengan Inter Miami di Amerika Serikat. Messi kembali menemukan ketajaman saat berkostum the Herons.

Pesaing terdekat Messi, yakni Erling Haaland. Hal yang lumrah. Haaland menjelma menjadi juru gedor kelas atas.

Sepanjang musim lalu, ia mencetak 52 gol dari 53 pertandingan. Hitungannya dari berbagai ajang. Selama periode tersebut, klubnya Manchester City meraih treble winners.

Haaland muncul ke permukaan. Ketajamannya terus berlanjut sampai saat ini. Sayangnya, ia harus bersaing dengan Messi.

"Semua tanda-tanda mengarah ke pemain Argentina (Messi) untuk mengantongi Ballon d'Or kedelapan," demikian laporan dari barcauniversal.

Menarik dinantikan bagaimana keputusan para juri nanti. Pemenang akan diumumkan pada 30 Oktober 2023 dalam sebuah acara di Paris.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement