Selasa 31 Oct 2023 00:08 WIB
...

Daftar Pesepak Bola Pengoleksi Ballon d'Or Terbanyak, Messi Bakal Tambah Trofi Lagi?

Ballon d'Or punya sejarah tersendiri dan bagian pengakuan kehebatan pesepak bola.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo, dua pesepak bola pengoleksi gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) terbanyak.
Foto:

2. Cristiano Ronaldo (5 Ballon d'Or)

Ronaldo menempati peringkat kedua dengan koleksi lima Ballon d'Or. Bintang asal Portugal itu meraih trofi Ballon d'Or pertamanya saat masih mengenakan seragam Manchester United pada 2008 silam. Namun, kesuksesan Ronaldo di pentas Ballon d'Or adalah saat bintang Al Nassr itu memperkuat Real Madrid.

Selama membela Los Blancos, Ronaldo meraih empat kali penghargaan Ballon d'Or, yaitu 2013, 2014, 2016, dan 2017. Tidak hanya bergemilang kesuksesan dalam hal persembahan trofi buat Real Madrid, pemain berusia 38 tahun itu juga menorehkan berbagai rekor dan penghargaan individu bersama Los Blancos.

3. Michel Platini, Johan Cruyyf, dan Marco Van Basten (3 Ballon d'Or)

Sebelum era Messi dan Ronaldo, Johan Cruyyf, Michel Platini, dan Marco Van Basten lebih dulu memegang pemain dengan gelar Ballon d'Or terbanyak, yaitu tiga penghargaan Ballon d'Or. Cruffy menjadi pemain pertama yang mendapatkan lebih dari satu trofi Ballon d'Or.

Legenda timnas Belanda dan Ajax Amsterdam itu meraih penghargaan Ballon d'Or itu pada 1971, 1973, dan 1974. Pada 1971, Cruyyf mendapatkan trofi Ballon d'Or saat masih memperkuat Ajax Amsterdam, sedangkan pada dua penghargaan terakhir, Cruyyf sudah membela Barcelona.

Platini masih tercatat menjadi pemain asal Prancis dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak. Penampilan impresif Platini saat memperkuat Juventus selama tiga tahun beruntun mengantarkan meraih penghargaan Ballon d'Or pada 1983, 1984, dan 1985.

Van Basten boleh saja memulai karier di Ajax Amsterdam, tepatnya saat masih ditukangi Johan Cruyyf. Namun, Van Basten mendapatkan tiga penghargaan Ballon d'Or kala memperkuat AC Milan. Van Basten, yang akhirnya memutuskan pensiun lantaran cedera pada usia 30 tahun, meraih penghargaan Ballon d'Or pada edisi 1988, 1989, dan 1992.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement