Senin 30 Oct 2023 23:14 WIB

Kembangkan Pemain Muda, Perbasi Bekerja Sama dengan Basket Lithuania

Detil kerja sama antara Perbasi dan LTU Basketball akan didiskusikan selanjutnya.

Ketua Umum PB Perbasi Danny Kosasih
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ketua Umum PB Perbasi Danny Kosasih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PP Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) menjalin kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania (LTU Basketball) untuk mengembangkan olahraga bola basket Tanah Air di beberapa aspek, khususnya pada pemain muda.

Kerja sama itu dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih dan Wakil Ketua LTU Basketball Bidang Hubungan Internasional Valdemaras Chomicius di Jakarta, Senin (30/10/2023), yang akan dilanjutkan dengan berbagai program lain.

Baca Juga

Danny Kosasih mengatakan kerja sama dengan Lithuania ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraan antara Perbasi dengan LTU Basketball sejak penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia dan Manila.

Lituania yang menempati peringkat enam pada Piala Dunia FIBA 2023 merupakan negara kecil di Eropa Utara yang hanya berpenduduk 3 juta orang. Namun, Lithuania memiliki prestasi bola basket yang konsisten di dunia dengan selalu bertengger di 10 besar peringkat FIBA maupun Piala Dunia FIBA.

"Federasi Bola Basket Lithuania punya banyak pengalaman, seperti dalam hal organisasi, metode pengembangan bola basket yang kuat, sistem bola basket yang efektif, pengembangan basket, dan lainnya. Kerja sama ini akan bagus, akan menghasilkan sesuatu yang baik," kata Chomicius.

Chomicius menyebutkan bahwa seluruh penduduk Lithuania menyukai bola basket, dan hampir semua orang bermain basket. Oleh karenanya olahraga bola basket Lithuania bisa berkembang dan menjadi tim papan atas peringkat FIBA.

"Kami siap mentransfer seluruh hal tentang bola basket, kepada bola basket di Indonesia," kata dia.

Danny Kosasih menyebutkan bahwa detail kerja sama antara Perbasi dan LTU Basketball akan didiskusikan selanjutnya dengan membuat sejumlah program yang sesuai.

Beberapa program yang utamanya bakal dikembangkan adalah tentang pengembangan pemain Indonesia dari usia muda dengan pemusatan latihan, sekolah bola basket, uji tanding dan lainnya.

Selain itu ada pula rencana pengembangan pelatihan pelatih (coaching) di Indonesia, dan pengembangan pelatihan wasit Indonesia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement