Selasa 31 Oct 2023 21:24 WIB

Lothar Matthaus Sebut Fakta Messi Raih Ballon d'Or 2023 Sebuah Lelucon

Matthaus lebih setuju Erling Haaland yang meraih trofi Ballon d'Or.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain tim Inter Miami dan Argentina Lionel Messi menerima trofi Ballon d Or 2023 pada upacara penghargaan Ballon d Or (Bola Emas) ke-67 di Theatre du Chatelet di Paris, Prancis, Senin, (30/10/2023).
Foto: AP Photo/Michel Euler
Pemain tim Inter Miami dan Argentina Lionel Messi menerima trofi Ballon d Or 2023 pada upacara penghargaan Ballon d Or (Bola Emas) ke-67 di Theatre du Chatelet di Paris, Prancis, Senin, (30/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Terpilihnya Lionel Messi menjadi pemenang trofi Ballon d'Or 2023 memancing pro-kontra. Banyak yang mendukung, beberapa menolak.

Dari kelompok yang menolak, salah satunya Lothar Matthaus. Legenda hidup Jerman, Bayern Munchen, dan Inter Milan itu mengkritisi apa yang terjadi. Ia merasa seperti melihat sebuah lelucon.

Baca Juga

Ia tak meragukan kemampuan olah bola Messi. Namun, menurutnya, dalam setahun terakhir ada yang lebih baik dari La Pulga. Sosok tersebut adalah Erling Haaland.

"Haaland telah tampil lebih baik dari Messi dalam setahun belakangan," kata Matthaus kepada Sky Deutschland, dikutip dari Football Italia, Selasa (31/10/2023).

Sah-sah saja apa yang diutarakan sosok 62 tahun itu. Erling Haaland tampil trengginas sepanjang musim 2022/23. Pria Norwegia itu mencetak 52 gol dari 53 pertandingan di berbagai ajang.

Haaland turut berjasa mengantarkan Manchester City meraih treble. Sementara Messi membantu Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. Tetap saja Matthaus merasa La Pulga tak layak finis di posisi teratas.

"Ini membuktikan Piala Dunia lebih penting dari segalanya. Bagi saya, tidak ada yang lebih baik dari Haaland, dia yang terbaik dalam 12 bulan terakhir. Dia memenangi gelar penting bersama Manchester City, mencetak banyak rekor gol. Itu hanya lelucon meskipun saya selalu menjadi penggemar Messi," ujar peraih Ballon d'Or 1990 ini.

Messi bereaksi setelah meraih trofi Ballon d'Or 2023. Sudah delapan kali ia mendapatkan gelar individu paling bergengsi tersebut. Menurutnya, ini mimpi yang menjadi kenyataan. 

Ia berjasa mengantarkan tim nasional Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022. Itu dasar terkuat yang membuat sang bintang kembali ke singgasana.

"Yang terakhir (Ballon d'Or ketujuh), saya memenangkan karena kami meraih trofi Copa Amerika (2021), tapi yang ini jauh lebih spesial karena diraih setelah kami menjuarai Piala Dunia," kata Messi kepada awak media setelah acara yang berlangsung, dikutip dari thenationalnews.com.

Ia menilai semua pesepak bola ingin mendapatkan trofi Ballon d'Or. Ia memiliki keistimewaan. Berkali-kali legenda hidup Barcelona ini memenangkannya.

Messi mulai meninggalkan Cristiano Ronaldo. CR7 mengoleksi lima gelar individu tersebut. Setelahnya ada Michel Platini, Johan Cryuff dan Marco van Basten yang mendapatkan tiga trofi.

Kali ini La Pulga bersaing dengan sejumlah nama berkelas. Ia unggul atas Haaland di urutan kedua. Kemudian Kylian Mbappe di tempat ketiga. Berikutnya Kevin de Bruyne.

Terlepas dari itu, Messi juga menyinggung soal Haaland. Menurut Messi, Haaland sebenarnya juga berhak mendapatkan trofi yang diraihnya tahun ini. Ia menegaskan Haaland akan segera mendapatkannya pada masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement