Selasa 31 Oct 2023 10:30 WIB

Deretan Rekor Terbaru Messi di Ajang Ballon d'Or

Lionel Messi terus menajamkan torehan rekor di ajang Ballon d'Or.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi terus menajamkan torehan rekor di ajang Ballon d'Or usai terpilih sebagai peraih Ballon d'Or 2023.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Lionel Messi terus menajamkan torehan rekor di ajang Ballon d'Or usai terpilih sebagai peraih Ballon d'Or 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Lionel Messi terus menajamkan torehan rekor di ajang Ballon d'Or seusai terpilih sebagai peraih Ballon d'Or 2023. Pemain berjuluk La Pulga itu seolah menerapkan standar baru dalam ajang penghargaan individu paling bergengsi di sepak bola profesional tersebut.

Messi menjadi pemain terbaik sejagat pada 2023 versi France Football usai merengkuh trofi Ballon d'Or 2023 dalam malam penghargaan yang digelar Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (30/10/2023) waktu setempat. Penampilan impresif Messi selama musim lalu, terutama saat mengantarkan Argentina meraih titel Piala Dunia 2022, berujung pada ganjaran trofi Ballon d'Or 2023.

Baca Juga

Trofi Ballon d'Or 2023 menjadi trofi kedelapan Messi sejak mengawali karier di panggung sepak bola profesional pada 2004 silam. Dengan raihan trofi Ballon d'Or 2023, eks bintang Barcelona itu pun menajamkan rekor sebagai pesepak bola dengan koleksi trofi Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah.

Sejak Ballon d'Or mulai digelar oleh majalah sepak bola asal Prancis, France Football, pada 1956, tidak ada satu pun pesepak bola yang mengoleksi trofi Ballon d'Or lebih banyak dari Messi. La Pulga meninggalkan pesaing terdekatnya, pemain bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, yang mengoleksi lima gelar Ballon d'Or.

Namun, di pentas Ballon d'Or, Messi tidak hanya menajamkan rekor tersebut. Saat menerima trofi pada edisi ke-67 penyelenggaraan Ballon d'Or, Messi telah menginjak usia 36 tahun dan empat bulan. Dengan usia ini, Messi menempati peringkat kedua dalam daftar pemain tertua yang pernah meraih penghargaan Ballon d'Or.

Legenda sepak bola Inggris, Sir Stanley Matthews, menjadi pesepak bola tertua yang menerima trofi Ballon d'Or, tepatnya saat berusia 41 tahun. Matthews meraih trofi Ballon d'Or dalam edisi perdana penyelengaraan ajang penghargaan tersebut pada 1956 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement