Selasa 31 Oct 2023 08:47 WIB

Messi Dedikasikan Ballon d'Or Kedelapan Miliknya untuk Diego Maradona

Maradona tak pernah meraih gelar Ballon d'Or karena kebijakan penyelenggara.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi secara khusus menyebut nama legenda timnas Argentina, Diego Armando Maradona, saat menerima trofi Ballon d'Or 2023.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED BADRA
Lionel Messi secara khusus menyebut nama legenda timnas Argentina, Diego Armando Maradona, saat menerima trofi Ballon d'Or 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Lionel Messi secara khusus menyebut nama legenda timnas Argentina, Diego Armando Maradona, saat menerima trofi Ballon d'Or 2023. Messi pun mendedikasikan raihan trofi Ballon d'Or 2023 untuk Maradona yang tutup usia pada November 2020 silam tersebut.

Sejak menggebrak pentas sepak bola profesional, Messi memang begitu lekat dengan nama Maradona. Messi, yang mendapatkan julukan La Pulga itu, digadang-gadang bakal menjadi penerus Maradona.

Baca Juga

Messi dengan segala kemampuannya dalam mengolah bola dan ketajamannya di depan gawang lawan diharapkan bisa mengulangi prestasi Maradona saat mengantarkan Argentina merengkuh trofi Piala Dunia 1986.

Messi pun akhirnya menjawab harapan tersebut dengan persembahan trofi Piala Dunia 2022 buat Albiceleste. Tidak hanya menjadi andalan utama, pemain berusia 36 tahun itu pun sekaligus menjadi kapten Albiceleste saat merengkuh titel Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar pada akhir tahun lalu.

Keberhasilan merengkuh titel Piala Dunia 2022 itu pula yang kerap membuat Messi diunggulkan untuk terpilih sebagai peraih Ballon d'Or 2023. La Pulga pun akhirnya benar-benar meraih penghargaan individu paling bergengsi di pentas sepak bola profesional pada edisi 2023.

Dalam malam penghargaan Ballon d'Or 2023, yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (30/10/2023) waktu setempat, Messi mengalahkan dua pesaing terdekatnya, Erling Haaland dan Kylian Mbappe. Sementara Haaland berada di peringkat kedua, Mbappe menempati posisi ketiga.

Raihan trofi Ballon d'Or 2023 ini menjadi koleksi trofi Ballon d'Or kedelapan Messi. Bintang Inter Miami itu pun menajamkan rekor sebagai peraih Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah atau terpaut tiga trofi dari bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

Messi tidak mau melewatkan kesempatan raihan trofi Ballon d'Or 2023 untuk menyinggung Maradona. Terlebih, malam penyelenggaraan Ballon d'Or 2023 itu bertepatan dengan hari lahir Maradona, yaitu pada 30 Oktober. Messi pun mendedikasikan trofi Ballon d'Or 2023 untuk Maradona.

''Hari ini adalah hari ulang tahunnya (Diego Maradona), Jadi, saya ingin mengingat dia pada kesempatan ini di tengah-tengah para pemain terbaik, pelatih, dan orang yang begitu mencintai sepak bola seperti dirinya. Di manapun kamu berada, Diego, ini (trofi Ballon d'Or 2023) untuk Anda,'' kata Messi di panggung Ballon d'Or seperti dikutip ESPN, Selasa (31/10/2023).

Kendati kerap dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang sejarah, Maradona memang tidak pernah meraih gelar Ballon d'Or. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan France Football selaku penyelengara Ballon d'Or terkait pemain-pemain yang berhak mendapatkan trofi tersebut.

Pada awalnya, penghargaan Ballon d'Or, yang diartikan secara harfiah ''bola emas'', memang dikhususkan untuk para pesepak bola asal Eropa. Namun, France Football akhirnya mengubah kebijakan ini. Terhitung sejak 1995, pesepak bola-pesepak bola dari luar Eropa, yang berkiprah di Eropa, juga berhak mendapatkan trofi Ballon d'Or.

Penyerang legendaris AC Milan, George Weah, menjadi pemain non Eropa pertama yang meraih gelar Ballon d'Or, tepatnya pada 1995. Dua tahun berselang, giliran Ronaldo Nazario da Lima, yang menjadi pesepak bola asal Amerika Selatan pertama yang menyabet gelar Ballon d'Or.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement