Selasa 31 Oct 2023 05:21 WIB

Kalahkan Haaland, Messi Raih Ballon d'Or untuk Kedelapan Kalinya

Ini tak lepas dari prestasi Messi yang pimpin Argentina menjuarai Piala Dunia 2022.

Bintang Inter Miami dan Argentina, Lionel Messi, kembali memenangkan trofi Ballon d'Or untuk kedelapan kalinya, Selasa (31/10/2023) pagi WIB.
Foto: AP/Christophe Ena
Bintang Inter Miami dan Argentina, Lionel Messi, kembali memenangkan trofi Ballon d'Or untuk kedelapan kalinya, Selasa (31/10/2023) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID,  PARIS -- Bintang Inter Miami CF, Lionel Messi, sukses memenangkan gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) untuk kedelapan kalinya. Selain mempertajam rekor koleksi Ballon d'Or, Messi juga mengalahkan pesaing kuatnya, striker Manchester City, Erling Haaland.

Messi memimpin Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022. Pemain usia 36 tahun itu menjadi pemain MLS pertama yang mengeklaim penghargaan yang didambakan para pesepak bola tersebut, meskipun kemenangan itu sebagian besar datang dari prestasinya bersama Argentina di Qatar.

Baca Juga

Mantan pemain Manchester United dan salah satu pemilik Inter Miami David Beckham menyerahkan penghargaan kepada Messi di Paris, Prancis, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB.

Haaland, yang mencetak 52 gol musim lalu saat Man City memenangkan treble pada 2022/2023, menempati posisi kedua dalam pemungutan suara dan memenangkan Trofi Gerd Muller yang diberikan kepada striker terbaik tahun ini.

"Saya tidak bisa membayangkan memiliki karier seperti yang saya jalani. Segala sesuatu yang telah saya raih," kata Messi usai menerima penghargaannya, dikutip ESPN.

Messi mengaku beruntung bermain untuk tim terbaik di dunia dan tim terbaik dalam sejarah. "Senang rasanya memenangkan trofi individu ini.Memenangkan Copa America dan kemudian Piala Dunia, menyelesaikannya adalah hal yang luar biasa. Semuanya (penghargaan Ballon d’Or) spesial karena alasan yang berbeda.”

Sebelum Messi menerima penghargaannya, gelandang Barcelona dan Spanyol Aitana Bonmatí memenangkan Ballon d'Or Putri setelah tahun ini memecahkan rekor bersama klub dan negaranya. Ia membantu Barca memenangkan Liga F dan Liga Champions musim lalu, sebelum memimpin Spanyol meraih kejayaan Piala Dunia Wanita di musim panas.

Dalam penghargaan lain yang dibagikan pada hari itu, rekan setim Messi di Argentina, Emiliano Martinez, memenangkan Trofi Yashin untuk kiper terbaik dan gelandang Inggris dan Real Madrid Jude Bellingham dianugerahi Trofi Kopa sebagai pemain top dunia di bawah usia 21 tahun.

Messi terus mempertajam rekor. Bahkan sebelum upacara pada hari Senin di Paris, tidak ada pemain yang memenangkan Ballon d'Or lebih banyak daripada Messi, yang pertama kali memenangkannya pada tahun 2009 dan kemudian pada tahun 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021. Messi menerima Ballon d'Or 2023, pemenang penghargaan sepak bola untuk pemain terbaik tahun ini, untuk kedelapan kalinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement