Kamis 02 Nov 2023 16:25 WIB

Mengintip Stadion Gelora Bung Tomo, Salah Satu Venue Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

Timnas Indonesia akan melakoni 3 partai di penyisihan Grup A di Stadion GBT Surabaya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Peralatan perawatan ditinggalkan di lintasan Stadion Gelora Bung Tomo, salah satu venue yang disiapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 di Surabaya, Jawa Timur.
Foto: AP Photo/Trisnadi
Peralatan perawatan ditinggalkan di lintasan Stadion Gelora Bung Tomo, salah satu venue yang disiapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 di Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sempat mengajukan delapan stadion yang berpotensi menjadi venue gelaran Piala Dunia U-17 2023. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akhirnya memilih empat stadion sebagai arena resmi edisi ke-19 Piala Dunia U-17 tersebut, yang akan dihelat pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Empat stadion itu terletak di empat kota berbeda, Jakarta, Bandung, Surakarta, dan Surabaya. Keempat stadion itu adalah Stadion Jakarta Internasional (JIS/Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Baca Juga

Pemilihan empat stadion itu pun didahului penilaian dari delegasi FIFA. Empat stadion akhirnya dinilai memenuhi standar FIFA untuk menggelar turnamen kelas usia.

Standar FIFA itu termasuk kualitas rumput di lapangan, jumlah kapasitas penonton, hingga kemudahan alur keluar masuk penonton serta pemain saat menggelar pertandingan.

Demi bisa memenuhi standar FIFA tersebut, Pemerintah Indonesia via Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan dana tidak lebih dari Rp 100 miliar untuk merenovasi empat stadion tersebut. Renovasi stadion-stadion itu pun diketahui rampung pada akhir Oktober 2023.

Rencananya, seremoni pembukaan Piala Dunia U-17 2023 akan digelar di Stadion Stadion Gelora Bung Tomo. Stadion yang menjadi markas Persebaya Surabaya itu kemudian akan menggelar laga pembuka Piala Dunia U-17 2023, tepatnya saat Indonesia berduel dengan Ekuador, Jumat (10/11/2023) malam WIB.

Stadion Manahan, Surakarta, terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan fase terakhir Piala Dunia U-23 2023. Stadion yang terletak di tengah Kota Surakarta itu akan menggelar semua partai di babak semifinal, perebutan tempat ketiga, dan partai final, yang akan dihelat pada Sabtu (2/12/2023) malam WIB.

Berikut salah satu stadion yang akan menjadi venue penyelenggara Piala Dunia U-17 2023:

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya

Timnas Indonesia akan melakoni tiga partai di penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Setelah berduel dengan Ekuador di laga pembuka, tim besutan Bima Sakti itu akan menghadapi Panama dan Maroko di dua laga terakhir penyisihan Grup A.

Total, stadion berkapasitas maksimal 45 ribu penonton itu akan menjadi tuan rumah di delapan laga Piala Dunia U-17 2023. Stadion yang secara resmi dibuka pada 2010 itu diketahui masih menjadi milik Pemerintah Kota Surabaya dan menjadi homebase Persebaya Surabaya.

Sebagai kandang Persebaya Surabaya, GBT menggantikan Stadion 10 November. Selain sebagai arena pertandingan sepak bola, Stadion Gelora Bung Tomo juga dinilai mumpuni untuk menggelar konser musik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement